Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

SAR Denpasar Intruksikan Anggota Siap Siaga Penuh

ist

(KARANGASEM) – Jajaran SAR denpasar terus melakukan pengamatan penomena perubahan Gunung Agung yang kini memasuki level II atau waspda. Selain melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat, pihak SAR Denpasar juga mengistruksikan anggotanya siap siaga 24 jam penuh. Hal itu dilakukan untuk antisipasi perubahan Gunung Agung yang sewaktu waktu bisa berubah.

Usai melakukan pemantauan Gunung Agung di Karang Asem Bali, MInggu (17/9),  Kepala SAR Denpasar, I Ketut Gde Ardana,  mengaku kedatangannya untuk melakukan kordinasi teknis, sekaligus memantau kesiapan anggota SAR yang bertugas di  pos pantau Karang Asem. “Jelasnya kami sudah melakukan kordinasi dengan pihak terkait, dan saya sudah istruksikan  anggota SAR untuk siap siaga 24 jam penuh,”tegas Ardana.

Sejauh ini, pertemuan rutin sudah digelar antara pemerintah daerah setempat dan Kepala Satuan Pelaksana BPBD Karang Asem guna membahas berbagai kesiapan terkait kesiapan teknis dan tahapan tahapan yang akan dilakukan masing-masing stake holder jika level Gunung Agung meningkat ke level awas.

Berdasarkan data resmi yang dikuluarkan KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung , kondisi  Gunung Agung saat ini,  masih sama seperti hari sebelumnya. Cuaca di sekiar gunung cukup cerah disertai hujan. Angin bertiup lemah ke arah barat dengan suhu udara antara 20.5-28 °C. Kelembaban udara 70-88 %. Sementara volume curah hujan 16.6 mm per hari.

Meski demikian, masyarakat dan pengunjung tetap dihimbau agar tidak beraktivitas di dalam area kawah dan seluruh area radius 3 Km dari kawah gunung, atau pada elevasi 1500 meter dari permukaan laut. “Status bisa saja berubah sewaktu waktu, untuk itu masyarakat diharapkan tidak melakukan aktifitas apapun  untuk sementara waktu,” papar Ardana. (cia/humas)

Komentar