Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Festival Semeton Jegeg Bagus Tabanan

ist/humas

TABANAN – Ratusan peserta siap adu kepiawaian dalam ajang Festival Budaya Semeton Jegeg Bagus 2017. Ajang ini bertujuan meningkatkan kecintaan para muda terhadap seni budaya bali, sekaligus mendorong kreatifitas anak muda dan berprestasi khususnya di Tabanan.

Festival Semeton Jegeg Bagus tahun ini merupakan gelar  ke 8 yang diselenggarakan Paguyuban Jegeg Bagus Tabanan.  Berlokasi di Aula SMAN 1 Tabanan, para peserta lomba akan bersaing memperebutkan jura dari 7 kategori dalam dua jenis  kegiatan yakni lomba busana adat ke pura dan lomba tari bali.

“Festival ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk melestarikan Budaya Bali kepada dunia sekaligus bertujuan memperkenalkan dan mensosialisasikan sosok duta pariwisata dan budaya kepada masyarakat. “ tutur Gde Made Sukaryanto selaku Ketua Umum Paguyuban Semeton Jegeg Bagus Tabanan, Minggu (1/10).

Gde mamaparkan, peserta Festival Budaya kali ini  mencapai 228 peserta, meningkat  63 persen dibanding tahun lalu. Hal itu menunjukkan, semakin tingginya animo masyarakat untuk mengikuti lomba sekaligus mempertahankan seni budaya yang sudah dikenal hingga ke manca negara.  

Untuk kategori Lomba adat Busana ke Pura terbagi menjadi 3 kategori yakni kategori A (umur 4-7 tahun), B (8-11 tahun), dan kategori C (umur 12-15 tahun). Sedangkan untuk lomba Tari Bali dibagi beberapa kategori yakni Tari Puspanjali, Condong, Sekar Jagat dan Baris Tunggal.

Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gde Sanjaya yang hadir membuka acara memberikan apresiasi atas terselenggranya kegiatan positif tersebut, karena sangat baik dan tepat untuk pelestarian budaya Bali.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi. Kegiatan ini sangat positif dan merupakan pelestarian adat dan budaya, yang sesuai dengan konsep mewujudkan Tabanan Serasi, dan juga sesuai dalam RPJMD Semesta Berencana, yakni pelestarian adat, agama dan budaya. Kegiatan Ini perlu dilestarikan terus, ”ungkap Sanjaya.

Sanjaya juga memaparkan,  kegiatan ini sangat baik untuk generasi penerus, karena dapat melatih mental dan karakter mereka. Dengan memperkenalkan budaya sejak kecil diharapkan bisa melatih mental sekaligus mendidik karakter kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya minta, ke depan pemilihan  jegeg bagus agar benar-benar dipilih yang terbaik, karena mereka akan mencerminkan wajah Tabanan. Jegeg Bagus harus benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang baik dan perlu disosialisasikan secara luas,” tutup Sanjaya. (Cia/Humas)

Komentar