Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Keris Siap Lawan Informasi Hoax

ist/humas

TABANAN– Seratusan remaja yang tergabung dalam Kelompok Remaja Internet Sehat (Keris) mendapat pelatihan agar bisa menggunakan internet dengan bijak. Keris ini juga diharapkan bisa menangkis informasi hoax yang kini banyak berkembang lewat media sosial.

Perkembangan dunia maya atau internet yang begitu pesat saat ini tidak lepas dari perkembangan tehnologi modren yang semakin canggih. Jika tidak di sharing dengan baik, maka justru akan berdampak kurang baik.

Guna menghindari informasi kurang baik tersebut, mendorong jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)Tabanan memberikan pelatihan akan mamfaat dan dampak penggunaan internet di Aula SMA 2 Tabanan belum lama ini.  Pelatihan itu diikuti seratusan siswa yang berasal dari siswa SMAN I dan SMAN 2 Tabanan.

“Disamping sisi positif,  sisi negatif dari internet juga banyak. Kita berharap anak-anak bisa berpartisipasi positif dengan dunia global, namun para remaja juga harus mampu membedakan informasi yang benar agar tidak terjadi distorsi,” papar Kadis Kominfo Tabanan, I  Nyoman Sumantara dalam sambutannya dibacakan I Wayan Suradi Gama.

Mudahnya akses internet saat ini bisa jadi akan memberikan dampak positif terutama dalam pendidikan, namun disisi lain, internet juga akan memiliki dampak negatif karena berisi konten membahayakan.

Beberapa konten yang cukup berbahaya bagi anak yakni informasi yang tidak jelas atau hoax, iklan palsu, praktik kekerasan, dan termasuk juga konten pornografi.

Selain bijak beriternet, penyelenggara juga berharap agar anggota keris Tabanan mampu menciptakan berbagai konten internet sehat, menarik dan kreatif disamping bisa menjadi agen perubahan prilaku berinternet di kalangan para remaja. 

“Kami harap  anggoa keris juga bisa menularkannya kepada teman teman sebaya agar bisa bijak saat memasuki dunia maya tersebut, ”tegasnya.

Guna menopang para remaja lebih cermat menggunakan internet, penyelenggara menghadirkan narasumber ‘Miss Internet Bali’ 2017, sebagai pembicara dan beberapa nara sumber lainnya. (Cia)

 

Komentar