Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sanjaya Hadiri Prosesi Ngaben Massal

ist/humas

TABANAN– Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gde Sanjaya hadir ditengah – tengah prosesi ngaben massal (pitra yadnya) Ida Rsi Nabe Sinuhun, Griya Babut, Nyitdah, Kediri. Pengabenan massal diikuti 110 sawa prenawa dan preteka serta 57 ngelungah.

Sanjaya mengapresiasi semangat gotong warga Desa Adat Nyitdah saat melakukan prosesi ngaben massal, karena hal itu lebih meringankan beban warga dalam melakukan pitra yadnya.

"Untuk itu, saya hadir ditengah-tengah masyarakat agar bisa secara langsung menyaksikan prosesi pengabenan. Sebagai bentuk apresiasi semangat gotong-royong yang telah ditunjukkan oleh masyarakat, ”paparnya di sela-sela prosesi pengabenan massal, Minggu (15/10).

Wabup Sanjaya juga terkejut melihat prosesi pengabenan di Nyitdah sebab berbeda dengan desa lainnya di Tabanan.  

Soal perbedaan ngabel massal itu dipertegas ketua panitia karya, I Gede Putu Darmayasa menuturkan bahwa prosesi ngaben di Nyidah memang berbeda dari daerah lainnya.

Setelah prosesi pembakaran, masyarakat Nyitdah khususnya yang mempunyai sawa akan melanksanakan kegiatan mekemit (menginap) di setra.

“Bagi warga yang memiliki sawa maka akan melakukan kegiatan mekemit, baru keesokan harinya dilakukan upacara Ngirag, setelah itu baru dilakukan prosesi penganyutan," tuturnya.

Dijelaskan, Pitra Yadnya dengan Upacara Sawa Preteka masing –masing dikenai iuran 6 juta rupiah, sementara Sawa Prenawa dikenai biaya 5 juta rupiah. Untuk ngelungah hanya dikenai biaya 500 ribu rupiah.

Bukan hanya itu, Pengabenan juga diikuti oleh warga luar desa, seperti warga desa Klating dan Tegal Temu. Dan warga dari luar kabupaten yakni warga asal Singaraja dan Negara.

Untuk biaya, warga  memerlukan dana hingga 800 juta rupiah, yang bersumber dari iuran warga yang memiliki sawa, serta bantuan pihak lain termasuk pihak Griya dan Pemda Tabanan.  

Selain Sanjaya, turut hadir dalam kesempatan itu, anggota dewan Tabanan Edi Wirawan dan Desta Kumara. Camat Kediri I Made Murdika serta Perbekel dan Tokoh Masyarakat juga menemani Wabup Sanjaya. (Humas/Cia

Komentar