Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

BPK Awasi Kinerja Pendidikan dan Kesehatan Tabanan

Tim BPK Bali saat audensi dengan Bupati Tabanan, Eka Wiryastuti di ruang kerjanya. Selasa (17/10). Foto:ist/humas

TABANAN– Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan daerah Bali berkunjung ke Tabanan dalam rangka rencana pemeriksaan kinerja pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Tabanan. Pemeriksaan masih akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan.

Kedatangan Tim BPK Bali yang diketuai IGN Satria tersebut disambut baik Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryasuti di ruang rapa kantor Bupati, Selasa (17/10). Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Sekda Tabanan, I Wayan Yatnanadi.

Dalam audiensinya,  I G.N Satria menyatakan pemeriksan kinerja pendidikan dan kesehatan khusus untuk tahun anggaran 2016 – 2017.

“Tim akan dibagi dua dan masih akan melakukan pemeriksaan kinerja pendidikan dan kesehatan untuk beberapa hari ke depan,” paparnya.

Dijelaskan, pemeriksaan kinerja di bidang pendidian sudah dilakukan sejak 1 oktober dan telah berkahir 10 oktober. Namun pemeriksaan bidang kesehatan masih berlangsung dan akan berakhir 5 November mendatang.

Ditambahkan, pemeriksaan tersebut merupakan pertama kali dilakukan di Tabanan. Mustinya, pemeriksaan diawali dengan kabupaten Tabanan, namun karena masalah Gunung Agung, maka dilakukan pemindahan lokasi pemeriksaan yakni Kabupaten Tabanan. 

Pemeriksaan kinerja Pendidikkan itu bertujuan untuk meningkatkan retribusi guru dan profesionalismenya. Sedangkan untuk di bidang kesehatan terkait dengan pengolahan data dan pelayanan kesehatan.

Bupati Eka dalam kesempaan tersebut menegaskan,  pemeriksaan ini sudah merupakan kewajiban dan harus dijalankan dengan tanggung-jawab yang baik. Agar tidak ada terulang lagi hal-hal yang salah di dalam pengolahan data.

“Ini adalah hal yang lumrah dan memang wajib. Saya sampaikan pemeriksaan keuangan ini harus kita jalankan dengan tanggung jawab yang baik . jangan sampai kita mengulangi hal-hal yang salah terutama pemeriksaan yang harus diperbaiki sebelum-sebelumnya”,  tegasnya.

Eka juga menekankan, pemeriksaan ini sudah merupakan komitmen bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan dengan Pimpinan karena dirinya sudah sejak jauh hari sudah menekankan kepada jajaran agar kesalahan itu jangan dibiarkan atau ditabung sebab tidak akan membuahkan hasil.

Ditambahkan, pemeriksaan BKP tersebut akan berdampak luas pada kinerja di lingkungan Pemda Tabanan, dan arahan dari BPK selalu ditunggu sehinga aparat bisa menunjukkan kinerja yang baik.

“Saya mohon bisa dibimbing sehingga di dalam memberikan pelayanan ini bisa maksimal kepada masyarakat., “ tutur Eka. (Cia)

Komentar