Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Eka Wiryastuti Nominator Leadership Award 2017

Bupati Eka Wiryastuti saat menerima tim Nominator Leadership Award 2017. Rabu (18/10). Foto: ist/humas

TABANAN- Bupati Tabanan,  Ni Putu Eka Wiryastuti menjadi salah-satu nominator penghargaan Kepemimpinan Kepala Daerah (Leadership Award 2017) dari Kementerian Dalam Negeri RI. Dari 524 pimpinan daerah di Indonesia, seperti Gubernur, Walikota dan Bupati muncul 5 nama Gubernur, 14 Walikota dan 24 Bupati termasuk Eka Wiryastuti masuk sebagai Nominator Leadership Award 2017.

Selain dicintai rakyatnya, Eka dinilai memiliki prospek ke depan dan dianggap bisa bersaing ke depan baik di tingkat nasional.  Hal itu bisa diraih karena  tidak terlepas dari kinerja dan pola kepemimpinannya mengutamakan rakyat dengan program-program pro-rakyat.

Ketua Tim Penilaian Leadership Award 2017, Kris Budihardjo dari Kemendagri menyatakan tujuan dari Leadership Award 2017 ini merupakan salah upaya mencari sosok-sosok Pemimpin di daerah yang memang layak dijadikan contoh. Sesuai data,  Eka Wiryastuti dinilai memiliki kapasitas sebagai Nominator Leadership Award 2017 Kemendagri.  

“Kami kesini untuk melakukan wawancara guna mencari sosok sosok ideal pemimpin di Daerah yang memang layak dijadikan contoh, dan teladan bagi pemimpin-pemimpin lainnya.”, ucap Kris.

Kris menjelaskan, dalam konsep Leadership Award itu, diharapkan menemukan pemipin-pemimpin yang konferehensif dan ideal dan diterima masyarakat. sukses pimpinan daerah. terletak dari gaya kepemimpinnya terlebih dahulu, baru kemudian dicintai rakyat berikut bisa mempormulasikan aspirasi rakyat.

Nilai nilai kepemimpinan birokrasi ini yang nantinya akan dinilai oleh tim  melalui hasil kerja, sejauh mana aparatur sipil negara memahami kebijakan Bupati dll. Disatu sisi bagaimana aparatur sipil negara dapat memberikan masukan dan sejauh mana Bupati menerima masukan daripada tim teknis di Birokrasi. Jadi saling terkait.

“Setelah terjaring sesuai dengan database serta melalui sumber terpercaya. Para Nominator tersebut, wajib dilakukan penilaian kembali secara pribadi. Kemudian yang akan terpilih dari 24 orang Bupati, hanya akan terpilih 7 orang dan dari 14 orang Walikota akan terpilih 7 Orang.” paparnya

Di lain sisi, Eka Wiryastuti dalam kesempatan itu, mengaku bersykur bisa menjadi salah satu nominator leadership award 2017. Semuanya, papar Eka, tidak terlepas dari ajaran Bung Karno yang terapkan dalam memimpin selama ini.  

“Dalam memerintah, semuanya  tidak terlepas dari ajaran-ajaran Bung Karno. Mulai dari prinsip dan prilaku. Saya  banyak dipengaruhi pemikiran-pemikiran bung karno,” bebernya usai menerima tim penilai didampingi seluruh  jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tabanan. di kediaman Banjar Tegeh, Desa Angseri, Baturiti, Rabu (18/10) kemarin.

Eka memberikan paparan, bahwa untuk membangun Bangsa ini, kita jangan melupakan kaum marhaen dimana ada petani dan nelayan petani sekaligus nelayan. Di Tabanan sendiri hampir 75 persen masyarakat  merupakan petani dan nelayan.

Menyankut soal visi dan misi Pemda Tabanan selalu menerapkan ajaran Tri Sakti dari Bung Karno. Disitu ada Sejahtera, Aman dan Berprestasi atau sama dengan slogan serasi. Serasi itu, paparnya,  tercipta keadilan merata dan semua merasakan senang, kesuksesan dan akhirnya berbuah berprestasi.

“Kalau Rakyat sudah mandiri dan cerdas maka rakyat  punya kans untuk maju, dan semua cita cita akan terwujud, “ ujar Eka. (Cia)

Komentar

Berita Lainnya