Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Binmas Polres Karangasem Hibur Pengungsi dengan Bondres

Jajaran Binmas Polres Karang Asem ditengah posko pengungsi Desa Selumbung. Minggu (22/10). foto: istimewa

KARANG ASEM – Ratusan pengungsi yang mendiami posko pengungsian di Desa Selumbung, Manggis, Karang Asem, memperoleh hiburan berupa kesenian bondres. Hiburan tersebut sengaja disuguhkan jajaran Binmas Polres Karang Asem, guna menghibur para pengungsi yang kini masih berada dalam pegungsian.

Hiburan berupa kesenian Bondres asal Gianyar membuat  para pengungsi cukup senang, tertawa bersama sanak keluarga di pengungsian. Hiburan sekaligus diharapkan bisa meringankan beban para pengungsi di tengah keterbatasan mereka saat ini.

Sebanyak 845 orang pengungsi masih mendiami posko pengungsian di Desa Selumbung, Karang Asem. Mereka berasal dari Desa Suukan, Desa Abian Tiying, dan  Desa Buana Giri kecamatan Bebandem, Karangasem. Para pegungsi ini tiba di posko 22 september lalu dan saat ini sudah mengungsi selama sebulan penuh.

“Menyangkut MCK sudah memadai, sedangkan untuk logistik sampai saat ini masih cukup,” ujar Bhabinkamtibmas Desa Selumbung, Aiptu I Wayan Gede, sebelum  pentas bondres dimulai.  Minggu (22/10)         

Dalam sambutannya, Kasat Binmas Polres Karangasem, AKP I Nengah Merta, juga berharap para pengungsi bersabar berada di pengungsian dan tetap mematuhi imbauan dari Kepolisian Polres Karangasem, Pemerintah dan Petugas Keamanan lainnya dalam menyikapi aktifitas peningkatan gunung Agung yang berstatus awas.

“Kami harap para pengungsi sabar karena kondisi Gunung Agung masih status awas. Tetap patuhi himbauan yang telah diumumnkan pihak berwenang, agar semua berjalan dengan baik,” tegasnya. 

Kapolres Karangasem, AKBP I Wayan Gede Ardana, SIK, M.Si saat dihubungi melalui sambungan WA menyatakan,  pihaknya dalam hal ini seluruh jajaran Polres Karang Asem memang sudah sejak sebelumnya telah melakukan berbagai upaya bersama-sama meringankan beban pengungsi.

Selain menggandeng seke kesenian, pihaknya, papar Ardana, juga akan melakukan pemutaran film sebagai bentuk pengayoman dan perlindungan masyarakat pengungsi.

“Saya memang perintahkan Kasat Binmas untuk melakukan inovasi dalam memberikan pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat di pengungsian. Baik dengan hiburan kesenian atau pemutaran film. Semoga para pengungsi bisa terhibur,”  ujar Kapolres. (Oke/Cia)

Komentar