Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Artha Dipa Buka Seminar Penyusunan Kajian Wisata

Suasana seminar penyusunan kajian wisata di Wantilan Kantor Bupati Karangasem. Kamis (26/10). Foto : ist

KARANGASEM - Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa membuka secara resmi Seminar Penyusunan Kajian Pengembangan Desa Wisata dan Kajian Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Karangasem.  Sejumlah pembicara hadir dalam kesempatan tersebut, termasuk I Nyoman Sukma Arida dan Putri Sanjiwani dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Seminar sendiri diadakan untuk mempersiapkan kemajuan pariwisata Karangasem dimasa mendatang dan diharapkan mampu menjawab tantangan dalam pengembangan kepariwisataan melalui konsep yang jelas dan terarah.  

Bertempat di Wantilan Kantor Bupati, Kamis ( 26/10), Kegiatan yang dipasilitasi Dinas Pariwisata kerjasama dengan Tim Pengkaji Fakultas Pariwisata Universias Udayana,  juga dihadiri jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat, Tim Ahli Bupati, Ketua Asita HPI Bali, dan seumlah undangan lainnya termasuk para pelaku pariwisata di wilayah Karang Asem.

Artha Dipa dalam paparannya, menjelaskan, Kabupaten Karangasem sebagai daerah tujuan wisata dengan beragam warisan budaya yang ada, memiliki tantangan besar dalam mempertahankan konsep pariwisata budaya yang berlandaskan Agama Hindu.

Akan tetapi, tegasnya, selama ini kebijakan ataupun fokus pengembangan pariwisata secara umum cenderung menitik beratkan pada nilai kuantitas yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi semata, seperti peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.  

Padahal, hal lain yang harus menjadi perhatian, yaitu bahwa tidak selamanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan akan berdampak positif terhadap  kondisi destinasi wisata yang ada tanpa memperhatikan daya dukung dalam upaya pengembangan pariwisata yang berkualitas.

"Kekuatan seni budaya dan adat istiadat serta aktifitas spiritual yang melekat dalam kehidupan masyarakat Karangasem menjadi modal utama dalam menjaga keberlanjutan pariwisata di Karangasem, "paparnya.

Dalam kesempatan itu Wabup Artha Dipa menyambut gembira atas terselenggaranya seminar ini, karena diharapkan bisa menghasilkan kesimpulan baru dalam upaya pemerintah untuk mempersiapkan diri bagi kemajuan pariwisata dimasa datang berikut mampu menjawab tantangan dalam pengembangan kepariwisataan di Karangasem.

Artha Dipa mengharapkan, penyusunan kajian melalui penelitian yang dilaksanakan Fakultas Pariwisata Udayana diharapkan menjadi salah satu langkah untuk melahirkan konsep dan pedoman bagi pemangku kepentingan dibidang pariwisata dimasa-masa mendatang.

"Nantinya, hasil kajian ini bisa sebagai dasar lahirnya Ranperda tentang desa wisata dan rancangan Perda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan yang telah ditunggu-tunggu dan akan menjadi payung hukum dan pedoman dalam memajukan dan mengembangkan kepariwisataan di Karangasem. "harapnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Karangasem I Wayan Astika dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini diharapkan mampu mengidentifikasi potensi desa wisata sebagai daya tarik wisata serta menganalisis kekuatan serta kelemahan, peluang dan tantangan juga apa ancamanya.

Keseimpulan kesimpulan yang dihasilkan dalam seminar  diharapkan menjadi strategi pengembangan pariwisata kedepan sebagai daya tarik pariwisata alternatif dan konsep pembangunan kepariwisataan berkelanjutan di Kabupaten Karangasem.

"Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi rujukan atau sebagai dasar atau bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan dan pengambilan keputusan terkait dengan pengembangan desa wisata dan tersusunnya Raperda tentang Desa Wisata, “tegasnya.  (Oke/Cia)

Komentar