Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Libur Galungan, Ribuan Wisatawan Padati Tanah Lot

Suasana pengunjung di DTW Tanah Lot. Foto : ist

TABANAN – Ribuan wisatawan memadati Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot, Tabanan, Bali. Wisatawan baik asing dan domestik mulai berdatangan sejak pagi hari. Para wisatawan umumnya, datang secara berombongan menggunakan bus disamping kendaraan pribadi.

Terlebih lagi saat masa  liburan Galungan, rombongan wisatawan mulai nampak ramai memadati areal wisata pura yang begitu dikenal dengan keindahan dan sakral itu. Khusus wisatawan mancanegara,  sengaja datang karena ingin melihat mayarakat Hindu Bali melakukan prosesi ritual keagamaan saat Galungan.

Sesuai data kunjungan DTW Tanah lot, hingga siang hari, total pengunjung atau wisatawan yang datang obyek wisata pura tersebut, berjumlah 9. 421 wisatawan. Jumlah itu diperkirakan masih akan terus bertambah hingga menjelang sore hari.

Manajer DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, menjelaskan, selama libur Galungan sejak Rabu kemarin, kunjungan wisatawan masih didominasi pengunjung  mancanegara dengan prosentase 54 persen, dan wisatawan domestic sebanyak 46 persen. 

“Dari pantauan kami saat liburan Galungan kali ini masih didominasi wisatawan mancanegara, namun kalau orang lokalnya kebanyakan untuk bersembahyang jadi tidak kita pungut tiketnya”, ungkap Toya dalam siaran persnya. Kamis (2/11).

Selain wisatawan, umat hindu yang ingin melakukan persembahyangan juga nampak ramai berdatangan. Hal itu karena bulan November ini, umat banyak mengawali persembahyangan sebelum ritual karya besar tersebut. 

Dua agenda keagamaan di Tanah Lot, yakni Piodalan di Pura Luhur Pakendungan 11 November mendatang dan piodalan di Pura Luhur Tanah Lot yang akan berlagsung sejak 15 hingga 18 Nopember mendatang atau tiga hari setelah Perayaan Kuningan, tepatnya Rabu, Budha Wage Langkir.

“Persiapan untuk piodalan tersebut sudah mulai dilakukan minggu-minggu ini, dan sampai dua minggu mendatang, Tanah Lot akan dipenuhi umat Hindu (pemedek) yang ingin melakukan persembahyangan,” tambahnya.

Meski pengunjung sangat padat, pihak pengelola tidak  menyiapkan persiapan khusus sesuai pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Membludaknya kunjungan masih diperkirakan akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.   

Tepatnya, bagi wisatawan atau pengunjung yang ingin menyaksikan prosesi persembahyangan tersebut, bisa mendatangi DTW Tanah Lot saat prosesi  keagamaan berlangsung.

“Selain bertepatan dengan moment perayaan kegamaan tersebut, berkunjung ke tanah lot akan semakin terasa sebab bertepatan dengan liburan sekolah,” paparnya. (Cia).  

Komentar