Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Melaspas Pura Khayangan Prajapati Tunon Setra Dukuh

foto : ist

TABANAN – Setelah melalui proses tahapan pembangunan, Pura Kahyangan Prajapati Tunon Setra Dukuh akhirnya diplaspas. Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, hadir dalam upacara melaspas  dan ikut serta Mulang Pedagingan bertepatan dengan Purnama Kelima.

Dalam kesempatan itu, Sanjaya menyatakan apresiasinya, atas semangat kerja keras dan gotong royong masyarakat setempat, khususnya di Desa Pakraman Dauh Peken, terdiri dari tiga banjar yakni Banjar Dukuh, Banjar Dauh Pala-Pengabetan dan Banjar Tegal Belodan karena telah bersatu dan menjalin komunikasi yang baik dalam upaya dalam pembangunan pura kahyangan yang telah berdiri sejak 38 lalu.

“Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang hadir, terus pupuk semangat persatuan dalam hal apapun karena dengan bersatu, semuanya bisa dikomunikasikan dengan baik kepada pemerintah,” ungkapnya. Jumat (3/10).

Menurutnya, keberadaan setra Tunon Dukuh sangat penting artinya. Bahkan, keberadaannya sudah mencapai 38 tahun, namun selama itu, belum pernah mendapatkan perbaikan.

Sanjaya juga menyatakan, hal itu sudah merupakan sebuah tanggung jawab selaku karma, dan dirinya  juga sangat bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena tokoh masyarakat dengan suka cita, paras paros, segilik seguluk sebayan taka dengan rasa tulus ikhlas telah bersama-sama menyelesaikan masalah pembangunan tersebut.  

Orang nomor dua di Tabanan ini  menambahkan, bahwa pembangunan tersebut merupakan pelestarian adat dan kebudayaan, dan pekerjaan dewa yadnya ini belum selesai serta harus diselesaikan, agar bisa ngeteg linggih sampai selesai atau puput agar bisa diselesaikan 1 atau 2 tahun lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia I Putu Shata Guna dalam laporannya mengungkapkan, bahwa pura direhab total dengan pengerjaan selama tiga bulan. Sumber dana didapatkan dari dana hibah sebesar Rp 250 juta, iuran per kepala keluarga atau KK dan juga dana bantuan dari donatur. Diharapkan 2018 pembangunan pura akan selesai seluruhnya.

Acara Pemelaspasan di Pura Khayangan Prajapati Tenon Setra Dukuh di puput oleh Ida Pedanda Griya Taman Sari. Dalam kesempatan itu, Wabup Sanjaya dan anggota DPR, I Made Urif  memberikan sumbangan dana punia dan diterima oleh ketua panitia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa beserta istri, Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, pimpinan OPD Kabupaten Tabanan dan anggota DPR Kabupaten Tabanan, Perbekel se-Kecamatan Tabanan, seluruh tokoh masyarakat. (Hms/Cia)

Komentar