Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kusam dan Kotor, Monumen Adipura Dibersihkan

foto : istimewa

TABANAN – Prihatin akan keberadaan Monumen Adipura yang tidak pernah tersentuh perawatan, mendorong sekelompok anak muda di Tabanan tergerak melakukan upaya perawatan dan pembersihan agar monument tersebut tidak terlihat kusam dan kotor.

Sejak pagi hari, Minggu (5/11), sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Satu Jiwa, bekerjasama dengan KMHDI dan Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Tabanan,   langung turun ke lokasi Monumen Adipura yang berada di jalan By Pass Ngurah Rai, tepatnya di perempatan Persiapan Kota Tabanan.

Selain membersihkan rumput - rumput liar di sekitar monument, belasan anak muda ini sekaligus menanam ratusan berbagai jenis tanaman bunga, agar patung kebanggaan masyarakat Tabanan tersebut kembali terlihat elok.

“Upaya ini kami lakukan agar monumen adipura ini kembali enak dipandang,” papar I Gde Made Raka Aryawan selaku kordinator kegiatan.   

Keberadaan monumen adipura tersebut tidak lepas dari upaya Kota Tabanan menunjukkan jati dirinya, sebagai kota kabupeten terbersih di Bali beberapa tahun silam.  Bahkan predikat julukan kota terbersih itu diraih hingga 5 kali berturut-turut.

Untuk itu, tegas Aryawan, bagian kecil dari upaya pembersihan monument tersebut, diharapkan bisa memotivasi sekaligus mengingatkan warga Tabanan, khususnya anak muda agar tergugah, bahwa kota lumbung beras tersebut sedianya pernah meraih predikat ‘kota paling bersih’ mengalahkan kabupaten lainnya di Bali.  

Masih menurutnya, gerakan bersih-bersih ini, bukan bermaksud mengkritisi pemerintah kota Tabanan, melainkan bagian dari upaya membangun Tabanan dengan action dan perbuatan nyata,  tanpa harus berkoar koar mengkritik di media social (medsos) tanpa ada solusi nyata.   

“Sekarang ini banyak warga Tabanan mengeluh di medsos, menilai kota Tabanan kotor dan banjir,  tapi kritikan tersebut tidak diimbangi dengan dengan perbuatan. ini adalah upaya nyata kami tanpa harus mengkritik,” ungkapnya.

Usai melakukan upaya bersih-bersih sekelompok anak muda ini langsung menanami sekitar monument Adipura dengan aneka jenis bunga agar monument tersebut kembali terlihat bersih dan rapi. (Cia).

Komentar