Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Angkutan Trans Serasi Tambah Layanan Gratis

Bupati Eka Wiryastuti saat launching Layanan Trans Serasi di Lapangan Baturiti. Senin (13/11). Foto : liputanbali.com

TABANAN - Pemkab Tabanan kembali meluncurkan layanan trasportasi gratis bagi siswa SMP di Kabupaten Tabanan. Moda trasportasi gratis tersebut akan melayani siswa siswi SMP di tiga kecamatan sekaligus.

Tiga wilayah kecamatan yang akan dilayani, yakni Kecamatan Baturiti, Marga dan Pupuan. Sebanyak 143 unit angkutan dipersiapkan guna melayani 46 trayek di tiga kecamatan tersebut.

Dengan tambahan tiga kecamatan tadi, maka Trans Serasi hingga saat ini, sudah melayani tujuh kecamatan di Tabanan dan diharapkan bisa melayani  7.775 siswa SMP setiap hari sesuai dengan trayek yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan, I Made Agus Hartawiguna, memaparkan, pengadaan layanan gratis Trans Serasi sekaligus mengantitipasi jumlah angka kecelakaan di jalan raya, mengingat jalur Baturiti - Singaraja merupakan jalur pariwisata nasional yang memungkinkan terjadinya potensi kecelakaan.

“Sebagai jalur pariwisata nasional, percampuran kendaraan cukup tinggi menuju Baturiti mengingat jumlah wisatawan yang berkunjung hampir satu jiwa wisatawan setiap tahunnya. Jika tidak dilayani dikhawatirkan menimbulkan potensi kecelakaan,” papar Agus saat launching operasional trans serasi di lapangan umum Baturiti, Senin (13/11) kemarin. 

                                       

Dilain pihak, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti berharap tahun depan semua layanan trans serasi bisa semakin diperluas di seluruh kecamatan di Tabanan.

Dijelaskan, mamfaat program ini begitu besar bagi pelajar dan masyarakat khususnya para orang tua, sekaligus bisa menekan tingkat kenakalan remaja di sekolah.

"Ke depan jangkauan layanan gratis trans serasi diharapkan bisa diperluas menyentuh semua kecamatan di Tabanan, sebab mamfaatnya cukup besar bagi masyarakat,” ujar Eka.

Peluncuran moda tranportasi garatis awalnya dilakukan tahun 2014 lalu. sebanyak 57 unit kendaraan disiagakan guna melayani siswa tiga sekolah di kota Tabanan yakni SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3. Tahun 2015 cakupan layanan diperluas dengan penambahan armada 70 unit angkutan kota, dan tahun 2016 trans serasi melayani 7 SMP yang berlokasi di kota Tabanan, Kediri, Penebel dan Kediri - Penebel dengan jumlah armada 80 unit dengan 16 trayek. (Cia)

Komentar