Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sisa Lahar Dingin Jadi Tontonan Warga

foto : Oke

KARANGASEM – Sisa banjir lahar dingin yang sudah surut di tukad Yeh Sah Karangasem menjadi tontonan warga. Warga umumnya penasaran dan ingin melihat dari dekat bekas lahar dingin Gunung Agung yang mengalir sejak beberapa hari lalu.

Sebagian besar warga, nampak melihat bekas lahar dingin dari atas jembatan, namun beberapa warga juga memberanikan diri melihmat dari jarak cukup dekat yakni di sungai bekas aliran lahar dingin. Selasa kemarin.  

Menurut salah seorang warga setempat, I Wayan Turun mengatakan,  banjir lahar dingin mulai mengalir malam hari 26 nopember lalu.  waktu itu, ada bunyi kedakan sebanyak tiga kali kemudian lahar dingin sudah sampai di Tukad Yeh sah.

“Sebelum lahar dingin, ada bunyi ledakan cukup besar dan mengagetkan warga sekitar,” ucap  I Wayan Turun.

Sebelumnya, banjir lahar dingin ini menyapu salah satu rumah warga beserta kandang sapi milik Nyoman Kisid dan ditinggal mengungsi. Banjir lahar dingin juga menyebabkan sisi timur tukad Yeh sah tertimbun sekitar 5 meter. Awalnya tanggul tersebut setinggi 7 meter namun sebagian besar sudah tertimbun sehingga makin dangkal.

Bukan hanya itu, Wisata Rafting yang ada di Tukad Telagawaja praktis tutup total dan sebuah rumah makan yakni restoran Mahagiri Gunung Agung juga terpaksa harus tutup.

Hingga kemarin,  Gunung Agung terpantau mengeluarkan asap abu kehitaman dan cukup tebal. Salah seorang petugas pemantau Gunung Agung, Anwar Sidiq mengakui sempat terjadi peningkatan aktifitas vulkanologi bahkan terjadi tremor yang cukup besar.

“Asap tebal masih keluar dari Gunung Agung dan diperkirakan letusan masih akan terjadi lagi,” paparnya. (Oke/Cia)

Komentar