Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Basarnas Evakuasi Puluhan Warga

foto : istimewa

KARANGASEM – Basarnas Denpasar kembali melakukan evakuasi terhadap warga yang berada di radius 6 – 10 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung. Usai diberikan penjelasan, warga akhirnya mau direlokasi ke posko pengungsian yang lebih aman.

Evakuasi warga di lereng Gunung Agung tersebut kembali dilakukan, Rabu siang sekitar pukul 10. 00 wita.  Sebanyak 22 warga yang berada di Posko Pengungsian Desa Banjar Candu Kecamatan Rendang berhasil dievakuasi usai meminta untuk direlokasi.  

Seorang perempuan bernama Ni Wayan Musti (75) asal di Dusun Kemoning Desa Wanagiri, Bebandem, Karangasem, dan diketahui mengidap depresi juga berhasil dievakuasi ke lokasi pengungsian yang lebih aman.      

Evakuasi bersama dengan jajaran BPBD ini sebenarnya sudah dilakukan sejak Selasa kemarin. Beberapa warga diketahui enggan mengungsi karena merasa menganggap erufsi Gunung Agung tidak berbahaya. Namun setelah mengerti akan bahaya dampak erufsi, warga akhirnya bersedia untuk direlokasi.

Selain warga, aparat juga membawa barang-barang warga yang tidak mau ditinggal di rumahnya. Namun sebagian besar warga menbawa bekal berupa pakaian dan alat-alat rumah tangga lainnya yang dianggap diperlukan selama berada di pengungsian.

Kepala Basarnas Denpasar, Ketut Gde Ardana mengatakan, dalam hal ini, Basarnas tidak mengurangi personil maupun alat utama. Kondisi Gunung Agung sekarang ini mengharuskan pihak Basarnas untuk standby 24 jam penuh sesuai instruksi presiden Jokowi.

“Kondisi Gunung Agung saat ini megharuskan tim SAR tetap pada kekuatan dan kesiapan yang maksimal, sesuai arahan presiden Joko Widodo,” ujar Ardana dalam siaran persnya.

Puluhan warga yang berhasil direlokasi diangkut menggunakan truk Basarnas  kemudian dibawa ke beberapa posko pengungsian, diantaranya posko pengungsian di Bangli dan beberapa pokso pengungsian lainnya di wilayah Karangasem.

Hingga saat ini, aparat Basarnas Denpasar sudah merelokasi 26 warga terdampak Gunung Agung. Berdasarkan data rekapitulasidari BPBD di Posko Siaga Darurat Tanah Ampo, hingga Rabu pukul 16.00 wita total pengungsi sebanyak 43 ribu 358 orang pengungsi yang tersebar di 229 titik pengungsian. (*/Cia

Komentar