Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengungsi Gunung Agung Peroleh Bantuan Kursi Roda

Forum Sekar saat berikan bantuan Kursi Roda. Foto : Oke

KARANGASEM – Wujud kepedulian terhadap pengungsi terus diupayakan komponen warga. Baru baru ini, seorang nenek berusia 125 tahun dan mengungsi di Banjar Tengah Sidemen memperoleh bantuan kursi roda. Bantuan alat jalan tersebut diberikan Forum Sekar yakni perkumpulan warga rantauan asal Karangasem.

Bantuan kursi roda ini diberikan langsung ketua forum sekar IB Bima, didampingi, beberapa anggota forum Sekar termasuk I Dewa Gede Mahaartha. Bantun tersebut diharapkan dapa membantu Ni Wayan Netap (125), salah satu pengungsi asal Dusun Tukad Sabuh, Desa Duda Utara, dan kondisinya tidak bisa berjalan di pengungsian.

Kondisi Netap sendiri harus mendapat perhatiam. Disamping sulitberjalan, karena usianya yang sudah tua, pengungsi ratusan tahun ini juga dalam kondisi sakit mengidap asam urat dan rematik.

Selama di pengungsian, Netap sendiri berupaya untuk meminta pulang ke rumahnya karena stress selama di pengungsian. Namun karena tidak memungkinan, Netap harus tetap berada di pengungsian sampai Gunung Agung aman.

Disamping itu, kondisi jalan menuju rumah Netap juga telah rusah akibat karena terjangan lahar dingin beberapa waktu lalu. Bahkan di sekitar sana warung warga juga ada yang sudah rusak karena kena lahar hujan tersebut.

“Saat kunjungan pertama kami sudah janjikan akan memberikan bantuan kursi roda. Semoga bisa bermamfaat, bisa dipakai jalan jalan karena jenuh juga tidak bisa jalan jalan,” ujar ketua Forum Sekar, IB Bima.

Sementara Wayan Rumben (60), anak pertama Netep mengaku senang bisa mendapat bantuan kursi roda buat orang tuanya. Dirinya berharap dengan bantuan ini ibunya bisa jalan jalan sekalipun sebetas di halaman rumah. “Tiang terima kasih banyak kepada Forum Sekar atas bantuanya selama ini,” tuturnya.

                      

Sementara itu jajaran Polda Bali juga ikut peduli dengan pengungsi. Kali ini Dir Pam Obvit  Polda Bali Kombes Pol Drs Moh Nazli mewakili Kapolda Bali, didampingi  BPD PHRI I Wayan Pasek dan Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana,SIK,M.Si menyerahkan bantuan untuk korban erupsi gunung Agung. Bantuan diserahkan di Kantor Camat Sidemen beberapa hari kemarin. 

Nazli mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Polda Bali yang ikut merasakan beban yang dialami masyarakat karangasem, terutama yang terdampak erupsi gunung Agung, mudah - mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat kita di Karangasem, "ujarnyaa.

Ditambahkan Dir Pam Obvit Polda Bali, kegiatan ini bekerjasama dengan BPD PHRI dan pelaku pariwisata lainnya, dan bantuan langsung diserahkan kepada masyarakat yang ada di pengungsian kecamatan sidemen, dan diserahkan melalui Camat Sidemen.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada masyarakat berupa mie instan, air mineral, palbet, selimut dan sembako lainnya. Sementara itu Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gde Ardana mengatakan Polri tetap melakukan langkah langkah perlindungan kepada masyarakat. Namun demikian juga punya kepedulian kepada pengungsi termasuk juga soal kebutuhan logistik pengungsi. (Oke/Cia)

Komentar