Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Lagi, Wisatawan Coba Dekati Kawah Gunung Agung

Wistawan Estonia, Janno Rossa saat mendarat usai mengitari Gunung Agung. Jumat (29/12). Foto : Ist

KARANGASEM - Seorang wisatawan kembali mencoba mendekati kawah Gunung Agung meski dalam status berbahaya. Kali ini, seorang wisatawan asal Estonia, Jaano Rossa penasaran ingin melihat langsung kondisi Gunung Agung dari dekat. Menariknya, Bule ini justru menggunakan alat terbang paralayang untuk mengabadikan kondisi gunung dari atas.

Usai mendarat di Ulun Setra Karangasem, Rossa langsung dimintai keterangan oleh Polsek Rendang, Jumat (29/12) sekitar pukul 11.30 wita. Meski awalnya tidak kooperatif, namun wisatawan Estonia akhirnya mau terbuka menceritakan tujuannya  melakukan paralayang di sekitar Gunung Agung.

Dibantu seorag penerjeman, I Ketut Wijaya Mataram, Rossa lalu bercerita bahwa dirinya sebenarnya tahu tidak diperbolehkan untuk melakukan aktifitas di sekitar kawasan Gunung Agung karena sewaktu-waktu bisa erupsi.

Wisatawan yang mengaku bekerja sebagai kriminolog ini awalnya diantar 4 orang temannya untuk mencari lokasi sport  paralayang. Usai diantar ke Pura Pengubengan, dirinya kemudian naik ke Gunung Agung untuk mencari lokasi lebih tinggi untuk memulai aksi hobinya.  

                                            

Kepada aparat, Rossa yang mengaku hoby olah raga paralayang ini sempat memutari Gunung Agung selama 1.5 jam, dan akhirnya memutuskan untuk segera turun karena merasakan hawa panas disertai bau belerang menyengat.

“Menurut pengakuanya, tujuannya mendaki hanya ingin terjun dari ketinggian karena hal serupa pernah dilakukannya dari ketinggian Gunung Batur,” ujarnya salah satu petugas saat memeriksa Rossa di Pos Polsek Rendang.  

Usai diberikan penjelasan tentang keadaan sebenarnya Gunung Agung, Rossa akhirnya berjanji tidak akan melakukan hal serupa berikut menandatangani  surat perjanjian.  

 Janno Rossa juga berjanji akan menceritakannya pengalamannya kepada teman-temannya akan kondisi Gunung Agung sebenarnya dan  kondisi Bali umumnya aman untuk dikunjungi sebab yang terkena dampak erupsi Gunung Agung hanya hingga 10 KM dari kawah Gunung.  

Saat ini, bule nekat ini sudah dikembalikan ke lokasi tempatnya menginap di Villa Ita Beach Vilage Candidasa dalam keadaan aman dan sehat. (Oke/Cia)

Komentar

Berita Lainnya