Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Prosesi Ngaben Massal di Padangan

Foto : Ist/Hms

TABANAN – Upacara Ngaben massal digelar warga Padangan  Kaja, Desa Padangan, Pupuan, Tabanan. Ngaben massal ini untuk pertama kali digelar diikuti 18 sawa dan 1 ngelungah. Acara pitra yadnya ini sekaligus digelar bersamaan dengan metatah massal yang diikuti 25 orang warga.

Prosesi suci ini telah telah dipersiapkan warga beberapa bulan sebelumnya. Tujuannya,   selain memupuk rasa kebersamaan dan rasa saling asah,asih dan asuh. Upacara ngaben massal sekaligus bertujuan meringankan warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gde Sanjaya hadir ditengan warga beserta undangan lainnya, Kedatangan Sanjaya sekaligus bentuk dukungan Pemda Tabanan  atas kegiatan masyarakat yang memegang teguh adat budaya dan agama yang dilakukan dengan ihlas dengan semangat gotong royong.  

Ditengah warga, Wabup Sanjaya berpesan peran warga menjaga adat istiadat dan budaya sera semangat goong royong sebab merupakan tradisi leluhur dan bisa dinikmati generasi muda selanjutnya.

"Tiang selaku Wakil Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Garjita manah Titiang, ritatkala nyaksiang krama driki ngewangun karya sangkaning lascarya utawi semangat gotong-royong", kata sanjaya saat memberikan sambutan.

Selin bentuk dukungan kegiatan warga, Wabup Sanjaya mengungkapkan, bahwa kedatangannya ke Padangan sekaligus bentuk penghargaannya atas dukungan masyarakat setempat. Selama 7 tahun dirinya memerintah Tabanan,

"Tidak salah tiang ngerauhin masyarakat driki, dari dulu dan sampai saat ini, maayarakat tetap kompak dan selalu mengutamakan kebersamaan. Dan ini sangat selaras dengan visi misi Kabupaten Tabanan, yaitu menuju masyarakat Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi,"  tambahnya. 

Upacara ngaben massal telah berlangsung Jumat kemudian dilanjutkan metatah massal Sabtu kemarin. Selain Wabup sanjaya, nampak hadir beberapa anggota DPRD Bali dan Tabanan seperti I Gde Suamba, I Gusti Nyoman Omardani, I Gde Purnawan dan AA Dharma Putra, Camat Pupuan, Agus Hendra dan jajaran tokoh desa lainnya.(/*Cia)

Komentar