Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jika Terpilih Gubernur, Koster Program Pendidikan dan Kesehatan Gratis

Foto : Liputanbali.com

TABANAN – Saat deklarasi dukungan di Tabanan, Koster juga berjanji akan mewujudkan beberapa program pembangunan Bali ke depan. Selain pendidikan dan kesehatan gratis di Tabanan, Koster juga berjanji agar ruas jalan di Tabanan bisa hot mix seperti harapan masyarakat  selama ini. Semua agenda tersebut akan direalisasikan jika terpilih menjadi Gubernur Bali mendatang.   

Terkait program pembangunan Bali ke depan, khususnya untuk Tabanan, yang pertama akan menyelenggarakan program pendidikan dasar dan menengah sampai wajib 12 tahun dengan biaya yang gratis, semua biaya sekolah dari SD sampai SMA di Tabanan akan gratis ditanggung oleh Negara melalui APBD Kabupaten dan Propinsi, serta dari APBN.

Upaya pelayanan kesehatan gratis juga akan diberikan. Koster mengaku akan melanjutkan program yang selama ini dijalankan oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika yaitu JKBM, dimana program JKBM akan ditata ulang kembali dan disempurnakan. Dimana cangkupannya akan ditambah, berikut jenisnya akan ditambah serta anggarannya akan dibantu sepenuhnya dari APBD Propinsi, bersama APBD Kabupaten, sehingga tidak lagi membebani masyarakat.

"Program ini kami akan tata, dan akan disempurnakan dan akan kami dirombak menjadi Kartu Bali Sehat (KBS)," ucapnya.

Dalam kesempaan deklarasi kemarin,  Koster juga berjanji akan memberikan pendidikan keterampilan dan keahlian bagi siswa SMA/SMK yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi sehingga nantinya memiliki keterampilan agar bisa bekerja mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Bali.

Untuk itu akan mengeluarkan peraturan Daerah agar semua dunia usaha di Bali memproritaskan sumber daya manusia yang ada di Bali. Program berikutnya yang berkaitan dengan masalah pertanian dari hulu sampai di hilir, dimana Tabanan terkenal dengan penghasil beras dan juga buah-buahan.

Dimana untuk hilir akan dibuatkan program pengolahan pangan yang ada di Tabanan dan juga akan meminta Kabupaten Badung untuk membentuk badan usaha milik daerah, untuk membeli semua hasil pertanian yang ada di Tabanan, dimana hasil pertanian ini baik itu beras dan yang lainnya wajib dipakai oleh semua hotel-hotel yang ada di Badung.

"Wajib nanti kami akan buatkan peraturan daerah semua hotel wajib membeli hasil-hasil pertanian lokal masyarakat di Tabanan dan Bali," ungkapnya.

Di bidang pertanian, para petani akan diberikan bantuan bibit, pupuk, serta pendampingan, sehingga para petani mengerti bercocok tanam yang baik sehingga menghasilkan kualitas produksi yang dibutuhkan pasar.

Koser juga berjanji akan memberikan bantuan terkait infrastruktur, dimana nantinya Tabanan akan dibantu perbaikan jalan rusak lewat bantuan BKK, dimana jalan yang belum dihot mix akan dibantu dari Propinsi lewat BKK.

"Begitu KBS jadi Gubernur Bali, langsung dalam waktu paling lama dua tahun anggaran akan diberikan program BKK untuk menuntaskan pengaspalan jalan di Kabupaten Tabanan," tegasnya.

Untuk bidang Pariwisata, Tabanan juga akan dikembangkan sesuai dengan potensi alamnya yaitu agro wisata, karena di Tabanan terkenal dengan pertaniannya sehingga sejalan dengan potensi daerahnya.

Demikian juga terkait perekonomian, semuanya nanti harus berpihak kepada rakyat di desa.  Calgub PDI-P ini menyinggung semua aset ase profinsi yang ada di Kabupaten Tabanan terutama tanah nantinya akan dikelola secara optimal untuk kepentingan masyarakat.

Jika Desa Dinas atau Desa Adat membutuhkan tanah tersebut, atau untuk kepentingan masyarakat, maka tanah tersebut akan dihibahkan, sehingga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Ke depan,  semunya akan disinergikan dan diintegrasikan di seluruh Bali dalam tatanan satu perencanaan, satu manajemen, dan satu kepemimpinan, dan satu jalur, dimana Presiden, Gubernur, Bupati yang berasal dari Putra-Putri terbaik PDI Perjuangan demi kepentingan Bali yang lebih baik," jelasnya.

Melihat antusias dari masyarakat dan kader PDIP Tabanan, pada kesempatan tersebut, Koster juga menargetkan kemenangan 80 persen di Tabanan.

"Tiang mohon dukungan supaya di Tabanan KBS-ACE tanggal 27 juni 2018 yang akan datang bisa menang mutlak dengan memperoleh suara minimum 80 persen," harapnya. (*/Cia)

Komentar