Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bantu Ungkap Kejahatan Skimming, PT SSI Dapat Penghargaan

foto : Ist

DENPASAR - Kepolisian Daerah (Polda) Bali menyerahkan piagam penghargaan kepada PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) Denpasar atas bantuan dan kerja samanya selama ini dengan Polda Bali dan jajarannya.

Kerja sama antara Polda Bali dengan PT SSI tersebut terutama dalam mengungkap kasus kejahatan skimming yang selama ini menjadi atensi Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) dan kepolisian internasional.

Penghargaan diserahkan kepada PT SSI Denpasar oleh Dirreskrimsus AKBP Anom Wibowo , S.I.K., M. Si di halaman belakang kantor Ditreskrimsus Polda Bali, Kamis (25/1).

Pemberian penghargaan tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan atas dedikasinya selama berdinas di Ditreskrimsus Polda Bali dan memberikan motivasi kepada personil lainnya agar mampu bersaing secara positif dalam kinerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Skimming merupakan suatu kejahatan dengan teknik pencurian uang nasabah bank dengan memanfaatkan peralatan semacam router yang berfungsi merekam magnetic stripe code yang terdapat pada kartu ATM korban yang sebagian besar adalah wisatawan asing dan domestik yang sedang berlibur di Bali.

PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) berdiri sejak tahun 1996, dengan misi memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer.

Dalam perkembangannya PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan.

Sejalan dengan meningkatnya kepercayaan dari pelanggan maupun mitra usaha dan dengan didukung sumber daya manusia yang handal PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) telah memiliki jaringan kantor tersebar di seluruh Indonesia dan telah bekerja sama dengan beberapa BUMN maupun perusahaan swasta besar di Indoensia, diantaranya PT Bank Nasional Indonesia (BNI) Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Bank Maybank Tbk, ABN Amro Bank dan lain-lain.

Beberapa kasus berhasil diungkap berkat kerja sama aparat dengan PT SII di Bali yakni Penangkapan 2 (dua) pelaku skimming berkewarganegaraan Bulgaria dengan TKP mesin ATM Bank Negara Indonesia (BNI) yang terletak di areal mini market Cocomart Batu Bulan, Sukawati, Gianyar, tahun 2015.

Tahun 2017, 2 (dua) pelaku skimming berkewarganegaraan Bulgaria kembai diringkus dengan TKP mesin ATM Bank BNI yang berlokasi di kawasan wisata Lovina, Banjar Dinas Kalibukbuk, Desa Kalibukbuk, Buleleng. Terakhir, aparat juga berhasil mengungkap kasus skimming di wilayah Polsek Kuta Utara, Polres Badung.

"Semoga penghargaan ini  dapat memberikan motivasi terhadap PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) Denpasar untuk terus dapat menjalin kerja sama dengan Kepolisian Daerah Bali dan jajarannya, dalam hal pengungkapan kejahatan skimming maupun kejahatan perbankan lainnya yang menjadi bidang tugasnya," ungkap Dirreskrimsus AKBP Anom Wibowo.

Pada kesempatan sama juga dilakukan mutasi di jajaran Ditreskrimsus Polda Bali serta mendapatkan penghargaan berupa cindera matavyakni AKP M. Akbar Eka Putra Samosir, Panit 2 Unit 3 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Bali diangkat dalam jabatan baru sebagai  Kasat Resnarkoba Polres Tabanan Polda Bali.

Kemudian Kompol I Gusti Ketut Atna, Kanit 1 Subdit 1 Ditersekrimsus Polda Bali diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasipasdal Subdit Dalmas Ditsabhara Polda Bali

AKP Putu Sunarcaya, S.H., M.M., Panit 1 Unit 4 Subdit 4 diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasat Resnarkoba Polres Bangli Polda Bali.

Kompol I Made Hadi Hardika, Kasi Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Bali diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbaganev Bagbinopsnal Ditbinmas Polda Bali.  Sedangkan personil yang purnabakti yaitu PNS,  I Wayan Sudirta. (*/Cia)

Komentar