Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Awali Tugas di Bali, Pangdan Baru Sembahyang ke Besakih

foto : Oke/Ist

KARANGASEM - Pangdan IX/Udayana Mayjen TNI Benny Suianto bersama dengan Danrem 163/Wirasatya Kolonel Arth I Gede Widiyana didampingi petinggi Kodam melakukan persembahyangan ke Pura Agung Besakih.  Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu tradisi Kodam Udayana jika ada pergantian Pangdam baru.

“Karena saya bertugas di daerah Bali sudah seharusnya saya membagun silaturahmi. Dan ini juga merupakan bagian dari membagun silaturahmi,” ujarnya.

Pangdam juga menyatakan, kedatangannya ke Pura Besakih juga untuk bertemu dengan para pemangku  berikut para Bendesa Adat Besakih sekaligus dengan silaturahmi dengan jajaran Pemkab Karangasem.

Semua  rangkaian tersebut juga untuk meomohon petunjuk bagi keberlangsungan dalam meminpin Kodam IX/Udayana, sehingga tercipta keamanan dan kesejahtraan buat masyarakat.

Sementara untuk pengamanan Pilkada di Bali Pengdam mengaku sudah berkordinasi dengan Kapolda dan juga dengan KPU Bali, termasuk diantaranya,  bagimana meujudkan Pilkada yang aman dan damai.

TNI dan Polri, tegasnya,  akan memberikan jaminan bagi masyarakat untuk bisa memilih dengan aman dan nyaman. Karena masyarakat yang akan mencari atau memilih peminpinya. Pangdam juga kembali menegaskan netralitas TNI adalah harga mati. Bahkan kalau ada yang tidak netral itu sebagai pelanggaran berat sehingga sangsi yang dikenakan juga cukup berat.

Pangdam menegaskan kalau tugas TNI nanti adalah untuk membekup Polri dalam pengamanan. Satuan satuan yang disiapkan adalah untuk membantu tugas kepolisian. Ada penekanan khusus untuk TNI agar netral. Bahkan ini diakui sudah menjadi intruksi Panglima TNI agar TNI tidak berpolitik praktis.

“Kalau memang ada yang tidak netral Pangdam meminta agar media dan juga masyarakat bisa mengingatkan dan melaporkan kepada atasnya,” ujarnya.  

Yang jelas, ujarnya, di lapangan terkadang  sulit, dimana ada hanya foto bersama saja sebagai bagian dari sulaturahmi terkadang kami dianggap tidak netral. Karena itu juga akan menjadi perhatian dan harus berhati hati.

“Ada kontenstan ingin foto sama kita kebetulan pakai seragam, niat hanya silaturahmi namun terkadang diartikan tidak netral, ini juga harus hati hati, “ ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Benny sendiri untuk pertama kalinya tugas di Bali. sebelumnya yang bersangkutan bertugas di Deperteman Pertahanan dan Keamanan di Jakarta. Dan ini juga merupakan kunjungan pertama ke Pura Besakih.

Panglima sendiri nampak terkesan dengan Pura Besakih. Yang bersangkutan nampak bernyak berbincang bincang dengan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa yang ikut menyembutnya.

Selaian itu Pangdam juga banyak mendengar cerita tentang Pura Besakh dari Jro Mangku Suyasa,  pemangku Pura Penataran Agung Besakih. Pangdam tiba sekitar pukul 15.00 wita. Begitu tiba di jaba Pura Besakih hujan deras pun mengguyur. Rombongan langsung diajak ke bagian penerimaan tamu untuk transit. Panglima dan rombongan sempat dijamu Kopi dan hidangan ringan lainya. selanjutnya Pangdam melakukan persembahyangan di Pura Penataran Agung Besakih. (Oke/Cia)

Komentar