Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Karangasem Dorong Investasi Sektor Bahari

Bupati Mas Sumatri saat peluncuran kapal cepat Wan Gobel Expres di Padangbai, Karangasem. Foto : Oke

KARANGASEM - Karangasem punya banyak potensi pariwisata yang masih bisa dikembangkan, sektor wisata bahari salah satunya. Dari 87 km bentang pantai yang dimiliki, banyak yang belum tergarap dan menunggu untuk dikelola secara lebih baik.

Untuk memaksimalkan pendapatan daerah serta agar potensi itu memberi nilai tambah bagi masyarakat, Pemkab Karangasem mendorong tumbuhnya investasi terutama di wisata bahari tersebut.

‘’Banyak spot yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. Sepanjang mematuhi ketentuan perundangan, kami sangat terbuka terhadap investor,’’ ucap Bupati IGA Mas Sumatri, usai meresmikan peluncuran kapal cepat Wan Gobel Expres di Dermaga Rakyat Padangbai, Kamis kemarin.

Mas Sumatri mengatakan Karangasem membuka ruang seluas-luasnya bagi penanam modal untuk membangun usaha di Bumi Tanah Aron. Menurut dia, Karangasem sangat membutuhkan dukungan pihak swata termasuk dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Hanya saja dalam dalam aktualisasi dari investasi itu, dunia usaha diharapkan memberi kesempatan yang lebih kepada warga lokal. Sebab, kepentingan pemerintah terhadap dunia usaha bukan hanya untuk peningkatan pendapatan asli daerah tapi juga peningkatan kehidupan perekonomian masyarakat.

Untuk mendukung keinginan memaksimalkan potensi wisata, saat ini Pemkab Karangasem sedang mengadakan pembenahan di bidang regulasi. Salah satunya akan melakukan revisi terhadap Perda Retribusi yang draf revisinya sudah diajukan ke lembaga Dewan. Revisi perda itu diarahkan untuk membuka ruang kerjasama pengelolaan potensi antara pemerintah daerah dengan desa adat.

Mas Sumatri memberi penekanan khusus kepada pelaku jasa penyeberangan wisata Padangbai-Gili Trawangan, Lombok Utara. Pihaknya berharap mereka lebih berinovasi sehingga aktivitas pariwisata ke Gili Trawangan juga bisa mengangkat potensi wisata Karangasem.

‘’Titik keberangkatan silakan dari Padangbai, tapi titik kembalinya misalnya di Pantai Ujung,’’ sarannya.

Wawan Danu Sartika dari Wan Gobel Exspres mengaku siap mengkoneksikan aktivitas wisata Gili Trawangan dengan objek wisata di Karangasem. Namun menyangkut Taman Ujung, pengusaha muda asal Karangasem ini mengatakan optimalisasi kunjungan dari jalur laut terkenda oleh tidak adanya dermaga untuk sandar kapal. (Oke/Cia

Komentar