Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dua Tahun Kepemimpinan Mas-Dipa

Mas Sumatri Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Karangasem

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri saat tiup lilin peringati dua tahun kepemimpinan. Minggu (18/2). Foto : Ist

KARANGASEM – Kepimpinan Mas-Dipa telah dua tahun berjalan. Tanpa terasa berbagai pembangunan sudah dilakukan meski dengan kondisi keterbatasan. Salah satu cobaan yang harus dihadapi yakni dampak erupsi Gunung Agung yang masih dirasakan hingga saat ini. Meski demikian, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumantri tak henti mengajak masyarakatnya untuk tetap bersatu membangun Karangasem ke arah yang lebih baik.

Memperingati dua tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, IGA Mas Sumati-Wayan Artha Dipa (Mas-Dipa), Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri menggelar acara temu wirasa dikediamannya di Jro Subagan, Sabtu (17/2).  

Berbagai undangan hadir dalam undangan tersebut, diantaranya sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat, para Koordinator Kecamatan (Korcam) dan Koordinator Desa (Kordes) Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT).

Acara temu wirasa memperingati dua tahun kepemimpinan Mas-Dipa ini digelar untuk menyerap berbagai aspirasi langsung dari masyarakat bawah, utamanya mengenai program-program yang dicanangkan oleh Pemkab Karangasem yang tertuang dalam Nawa Satya Darma Mas-Dipa, diantaranya program mengentaskan kemiskinan, buta huruf atau buta aksara serta meningkatan mutu pendidikan di Bumi Lahar Karangasem dalam rangka peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

Program lainnya dibidang kesehatan serta perbaikan infrastruktur juga sudah terlaksana dengan cukup baik kendati di akhir tahun 2017 hingga saat ini. Karangasem dilanda bencana erupsi Gunung Agung dimana puluhan ribu masyarakat Karangasem yang berada di KRB III dan II harus mengungsi kesejumlah titik pengungsian di 9 Kabupaten/ Kota di Bali, namun tidak mengendurkan perjuangan Pemkab Karangasem dalam melaksanakan dan menuntaskan program pembangunan yang telah dicanangkan di tahun 2017.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Karangasem atas dukungan dan partisipasinya guna bersama-sama mensukseskan program pembangunan di Karangasem. Selama dua tahun pemerintahan Mas-Dipa berbagai prestasi dan penghargaan berhasil ditorehkan Pemkab Karangasem meski ditengah situasi bencana, salah satunya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI dalam hal pengelolaan keuangan dan aset daerah yang berhasil diraih.

“Kita akhirnya berhasil meraih penghargaan WTP. Ini berkat kerja keras kita bersama dalam mengemban visi dan misi membangun Karangasem yang bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana,” ujar Bupati Mas Sumatri.

Untuk kemajuan pembangunan di Karangasem pihaknya akan terus berjuang melakukan lobi ke pusat. Saat ini proyek Dermaga Kapal Pesiar, Tanah Ampo, Manggis, sudah kembali dilanjutkan dan tengah dalam pengerjaan.

Pihaknya juga berharap Dermaga Cruise Tanah Ampo bisa segera tuntas dan beroperasi, sehingga kapal Cruise bisa singgah dan berlabuh di Karangasem. Ini akan memberikan efek domino yang cukup besar bagi perkembangan pariwisata di Karangasem, mengingat ribuan wisatawan asing akan datang dan berlibur di Karangasem.

Selain dermaga Cruise Tanah Ampo, dalam waktu dekat ini Dermaga Rakyat Padang Bai yang menjadi pelabuhan wisata di Karangasem juga akan segera di perbaiki dan dilakukan penataan, ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan yang menggunakan jasa penyebrangan kapal cepat di Dermaga Rakyat Padang Bai.

“Kemarin kami juga meresmikan pengoperasian lima kapal cepat di Dermaga Rakyat Padang Bai, untuk peningkatan pelayanan terhadap wisatawan,” sebutnya.

Sementara itu penaggung jawab GMT, I Gusti Made Tusan, menyebutkan kegiatan temu wirasa ini digelar untuk menjalin silaturahmi sekaligus untuk menyerap aspirasi dari bawah dan melakukan evaluasi terkait perkembangan yang terjadi belakangan ini. Menurutnya pertemuan seperti ini sangat penting sehubungan komitmen GMT dalam mengawal dan mendukung program-program yang digulirkan oleh pemerintah.

“Pada intinya pertemuan ini untuk menyerap aspirasi dari masyarakat,” ujarnya. Dan kegiatan seperti ini akan secara rutin digelar setiap tahun. (Rls/Oke/Cia)

Komentar