Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tertib Kependudukan, Program ‘Badung Aku Sapa’ Diluncurkan

Mobil Keliling Kadisdukcapil Badung Memperlancar upaya tertib administrasi kependudukan. Foto : LB.Com

BADUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, meluncurkan inovasi baru yang dipopulerkan dengan nama "Badung Aku Sapa". Program ini terkait keinginan pemerintah Badung ditengah upaya menertibkan adiministrasi terkait masalah kependudukan.

Menariknya, program “Badung Aku Sapa” ini memiliki tiga paket layanan sekaligus.  Paket yang dikenal dengan layanan “3 in 1” meliputi, layanan satu paket akte kelahiran yaitu masyarakat langsung mendapatkan kutipan akte kelahiran, KK dan KIA.

Program ini juga ditunjang dengan kesiapan sarana akses ke warga berupa mobil keliling melayani masalah adiminstrasi kependudukan.

Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Pemda Badung, I Nyoman Soka menegaskan, program tersebut merupakan arahan dari Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa sejak awal tahun 2018 lalu dan saat ini sudah diterapkan setelah melewati masa uji coba.

“Idenya berawal dari Pak Wakil Suiasa dan semua berjalan lancar tidak ada hambatan,” ujar Kadisdukcapil Nyoman Soka di ruangannya. Jumat (9/3).  

Dijelaskan, Program ‘Badung Aku Sapa’ berarti Badung Adminitrasi Satu Paket. Program ini diharapkan terus berjalan dengan baik ditengah upaya Pemda Badung mencanangkan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan  atau GISA.

Soka menambahkan, selain paket akte perkawinan yakni akte perkawinan, KK dan perubahan KTP. Masyarakat juga akan memperoleh kemudahan dalam pengurusan paket lainya yakni akte kematian, perubahan KK dan santunan sebesar Rp 10 juta.

                                                

“Jika syarat-syarat sudah lengkap, dalam waktu 30 menit, semuanya akan beres. Semuanya kami lakukan untuk memudahkan warga dalam kepengurusan administrasi kependudukan,” ungkap Soka.

Dan bagi masyarakat Badung yang mempunyai keterbatasan fisik, pihaknya menyiapkan mobil layanan yang dilengkapi dengan sarana prasarana sehingga siap memberikan pelayanan ke tempat tinggal masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi kependudukan.

Selain menjelaskan program ‘Badung Aku Sapa’, Soka juga menjelaskan terkait program  “GISA” yang mencakup empat program pokok yaitu program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemutahiran data kependudukan.

Pihaknya mengharapkan, program dan inovasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan negara yang memiliki daya saing.

Hal senada ditegaskan Wakil Bupati Ketut Suiasa berbagai inovasi tersebut dilakukan dalam upaya memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan murah bagi masyarakat.

Suksesnya program tersebut akunya, harus harus didukung dengan sinergitas dan gotong-royong dari aparat mulai dari banjar, desa, kecamatan hingga petugas di Disdukcapil,” sambungnya.

Suiasa berpesan agar masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Badung harus sadar untuk melengkapkan diri dengan administrasi kependudukan.

“Kami harap program ini bisa lebih memacu masyarakat agar lebih sadar akan kelengkapan diri dengan administrasi kependudukan,” tegas Wabup Suiasa. (*/Cia)

Komentar

Berita Lainnya