Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Peringati Hari Air se Dunia, Ribuan Pohon Ditanam di Karangasem

Bupati Karangasem, Mas Sumatri saat penanaman pohon peringati Hari Air se Dunia ke XXVI. Kamis (22/3). Foto : Ist

KARANGASEM - Sebanyak 1700 pohon berbagai jenis ditanam di Karangasem serangkaian memperingati Hari Air se Dunia ke XXVI. Kamis (22/3).  Kegiatan bertema “Lestarikan Alam Untuk Air” ini diharapkan bisa berjalan secara berkesinambungan agar kelak bisa dinikmati generasi mendatang.

Kegiatan peringatan Hari Air se Dunia ini digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Bali Penida, dan sekaligus digelar secara serentak di 34 Provinsi di Indonesia.

Khusus di Bali, pihak panitia memilih lokasi di Desa Jasri Karangasem. Pohon-pohon yang telah ditanam diharapkan bisa dirawat oleh masyarakat bagian dari memelihara ekosistem demi keselamatan sumber air berkalanjutan.

Selain Bupati Mas Sumantri, nampak ikut hadir Sekda Karangasem, Staf Ahli Bupati Karangasem, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Bali, OPD Terkait dilingkungan pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dan Pegawai/Staf Balai Wilayah Sungai Bali Penida.

“Kami berharap kepada masyarakat didesa ini untuk bersama-sama untuk merawat dan menjaga alam dilingkungan desa kita sendiri, sehingga menjadi lingkungan yg lebih asri dan hijau,” ungkap ketua panitia, I Ketut Jayadi.

Dijelaskan, Desa Jasri merupakan kawasan yang potensial untuk kegiatan penanaman pohon sebab merupakan penyandang Desa Wisata Nasional. Jayadi sekaligus berharap, kegiatan ini bisa dengan sungguh-sungguh dilakukan secara berkesinambungan dan bermaafaat bagi genarasi anak cucu di masa yang akan datang.

Beberapa jenis pohon yang ditanam yakni pohon kelapa, pohon genjah dan pohon ketapang, dan ditanam di sepanjang jalan menuju pantai Jasri. Kegiatan ini juga dirangkai dengan kaksi sosial lainnya seperti donor danar dan bersih-bersih pantai yang dipusatkan di Bukit Kayon Desa Pakraman Jasri Karangasem-Bali.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri yang berkesempatan membuka kegiatan tersebut menyatakan terima kasihnya kepada semua pihak yang dengan semangat menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Air se Dunia ke XXVI di Karangasem.

Mas Sumatri menyatakan, melestarikan alam dan lingkungan merupakan tugas bersama-sama demi kelestarian alam dan ekosistemnya. Untuk itu, Ketua DPD Nasdem Karangasem ini juga meminta kepaa seluruh masyarakat untuk menjaga alam agar tetap harmonis dan bersahabat dengan manusia.

“Mari kita bersama-sama menjaga alam agar tetap lestari dan selalu harmonis,” ujar Mas Sumatri.  (Oke)

Komentar