Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jika Terpilih, Koster Segera Realisasikan Janji Kampanye

Cagub Bali, Wayan Koster saat uji publik di Kampus Udayana. Jumat (23/3). Foto :Ist

DENPASAR – Gelar uji publik pasangan Calon Gubernur Bali yang diselenggarakan  BEM Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Udayana diikuti dengan antusias kalangan Mahasiswa. Jumat (23/3). Seorang mahasiswa bahkan bertanya dengan cukup kritis terkait program janji kampanye paslon yang mereka ketahui selama ini.

Lontaran pertanyaan menarik juga disampaikan kepada calon Gubernur Bali nomer urut, 1 Wayan Koster yang saat itu hadir.  Jika terpilih, berapa lama pasangan Koster-Ace sejak dilantik dapat merealisasikan janji-janji kampanyenya?

Mendengar pertanyaan krirtis tersbut. Koster pun tak mau sesumbar. Dihadaan para mahasiswa, Koster mengatakan untuk merealisasikan program yang dirancangnya ada yang jangka pendek maupun jangka panjang. “Ada yang pendek, ada yang panjang. Ada yang 2 bulan, 6 bulan, setahun, bahkan 5 tahun,”katanya. 

Untuk jangka pendek, salah satu hal yang bisa segera diselesaikan adalah Perda tentang Desa Adat. “Soal Desa Adat bisa diselesaikan dalam 6 bulan termasuk pelaksanaannya,”kata Koster.

Karena menurut dia, masalah desa adat adalah sangat penting. Selain Perda Desa Adat, Perda Tata Ruang juga bisa diselesaikan dengan segera.  Perda Tata Ruang yang akan menjadi acuan dalam melaksanakan pembangunan. Hal lain yang akan dilaksanakannya  segera adalah penyusunan Perda tentang Perlindungan dan Pemajuan Kebudayaan di Bali. Yang didalamnya, mengenai aksara Bali, busana Bali dan Bahasa Bali.

“Nama-nama jalan, kantor, toko dan lainnya harus memakai aksara Bali, kita akan buatkan standarnya,”ucap Koster. 

Koster juga akan menetapkan hari berbahasa dan berbusana Bali. Memang selama ini ada sejumlah kabupaten yang telah melaksanakannya, tapi kebijakan ini akan diterapkannya di seluruh Bali.

“Sekarang ada tabanan dan Badung yang melaksanakannya, nanti kalau saya Gubernur wajib diterapkan diseluruh Bali,”tegasnya.

Prinsipnya, lanjut Koster program-program yang dicanangkan akan dilaksanakan secepanya. “Lebih cepat, lebih baik,” demikian Koster. (*/Cia)

Komentar