Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

KPU dan Disdukcapil Badung Sinergi Monitoring Perekaman E-KTP

foto : istimewa

BADUNG - Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dinas Kependudukan dan Caatan Sipil (Disdukcapil)  Badung terus memvalidkan jumlah data pemilih yang belum terekam E - KTP di Gumi Keris. Upaya sinergi ini dilakukan Dalam rangka mewujudkan daftar pemilih berkelanjutan yang akurat dan valid, tekait helatan Pligub Bali 27 Juni mendatang.

Salah satu bentuk upaya tersebut yakni dengan membuat terobosan jemput bola terhadap warga di Badung yang belum terekam KTP Elektronik. Perekaman ini merupakan sarat mutlat bagi masyarakat agar bisa terdaftar sebagai pemilih tetap dalam Pilgub Bali mendatang, disamping telah berusia 17 tahun atau sudah pernah menikah. Kegiatan perekaman KTP elektronik dilakukan dengan menyasar Desa Carangsari, Petang. Kamis (5/4).  

Hadir langsung Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Badung, Putu Suryawati memimpin tim  Disdukcapil Kabupaten Badung melakukan perekaman terhadap warga yang masih belum terekam, sekaligus pengecekan data bagi warga yang telah dilakukan perekaman namun belum mendapatkan kepingan KTP-Elektronik atau Surat Keterangan (Suket).

Proses perekaman KTP elektronik yang berlangsung di Kantor Desa Carangsari, Kecamatan Petang ini juga didampingi jajaran KPU Kabupaten Badung, antara lain, I Wayan Semara Cipta selaku Komisioner KPU Kabupaten Badung, didampingi Kasubag Program dan Data, Ida Bagus Gede Mariawan.  

Langkah ini diapresiasi oleh KPU Badung dan mencucapkan terima kasih atas upaya Disdukcapil melakukan upaya validasi data pemilih.

Ketua KPU Badung, Anak Agung Gede Raka Nakula meegaskan, saat ini pihaknya sudah memasuki tahap perbaikan pemilih Sementara (DPSHP) dan hal itu sudah dikordinasikan dengan  Disdukcapil Kabupaten Badung sejauh ini.

dari data A.C.3-KWK, ditemukan, bahwa jumlah rekapan Pemilih yang terindikasi belum memiliki KTP-El sebanyak 7.107 warga pada Pleno KPU Badung beberapa waktu lalu, kini masih tersisa 2.280 warga atau pemilih yang masih terindikasi belum memiliki KTP Elektronik.

“Sinergi antara KPU Kabupaten Badung bersama Disdukapil akan terus dilakukan dengan berupaya melakukan validasi data pemilih di Badung. Kami harap Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan semakin akurat,” jelasnya. (*/Cia)

Komentar