Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mall Pelayanan Publik Karangasem Diminati Masyarakat

foto : Oke

KARANGASEM – Sejak diluncurkan seminggu lalu, Mall Pelayanan Publik (MPP) Karangasem semakin diminati masyarakat Karangasem. Terbukti, kunjungan masyarakat semakin ramai mengurus berbagai keperluan di bidang administrasi.

MPP yang dipusatkan di Gedung UKM Amlapura ini merupakan system layanan satu pintu yang digagas Pemerintah Kabupetan Karangasem. Disini,  semua layanan administrasi mulai dari layanan BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, Pajak, Perijinnan, hingga pembuatan akte kelahiran dilayani dengan cepet dan mudah oleh para petugas yang selalu melayani dengan sepenuh hati.

Mall layananan juga mendapat pantauan khusus dari Sekda Kabupaten Karangasem, Waskita Suta Dewa. Disela-sela  pantauannya, dia menyatakan proses pelayanan administrasi sudah berlangsung cukup baik. Meski demikian, masyarakat yang berkepentingan juga harus sudah menyiapkan persyaratan yang akan diajukan

Masyarakat yang datang umumnya, karena mamafaat keberadaan MPP ini sangat dirasakan.  Selain proses pengurusan dirasa lebih mudah dan lebih cepat, system yang dipakai merupakan layanan satu pintu sehingga semakin memudahkan masyarakat Karangasem.

"Jika semua persyaratannya sudah lengkap, pasti prosesnya akan semakin mudah dan cepet diselesaikan,” ucap Waskita saat memantau MPP Kamis kemarin.

Meski pelayanan sudah berjalan cukup baik, namun pihak Pemkab Tabanan akan terus melakukan upaya perbaikan terkait layanan dilatarbelakangi arahan Permen PANRB No 23 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik  itu.  

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, I Wayan Putu Laba Erawan menyatakan, untuk sementara ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat dikarenakan karena Mall ini baru pertama kali dilaksanakan di Karangasem.

"Terkait kemacatan kita sudah koordinasi dengn Pol PP dan Dinas Perhubungan untuk diatur. Ini merupakan inovasi untuk mempermudah dan memperluas akses perizinan sekaligus meningkatkan kualitas secara berkelanjutan seluruh jenis layanan public,” jelas Laba Erawan yang ada dilokasi MPP.

Laba Erawan juga menjelaskan bahwa tujuan dari Mall Pelayanan Publik ini yaitu memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. Selain itu juga guna meningkatkan daya saing Global dalam memberikan kemudahan berusaha bagi masyakarakat. 

“Pelayanan satu pintu pintu yang digagas Pemkab Karangasem sudah bagus karena semakin mempemudah masyarakat,” ujar seoang warga, Ni Ketut Mutiarni asal Desa Nyuh Tebel Manggis.

Jadi bagi masyarakat Karangasem yang ingin mengurus berbagai keperluan, tidak perlu ragu lagi untuk datang mengurus berbagai keperluannya. Sebab selain mudah cepat serta nyaman, pengurusan juga tidak dipungut biaya alias gratis. (*/Oke)

Komentar