Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jelang Temu IMF, DKLH Badung Sebar Ribuan Relawan Bersihkan Pantai Kuta

foto : istimewa

BADUNG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung mengerahkan ribuan relawan untuk membersihkan kawasan Pantai Kuta dari sampah. Upaya ini merupakan bagian demi suksesnya kegiatan  International Monetary Fund (IMF) Annual Meeting World Bank yang akan digelar di Nusa Dua pada Oktober 2018.

Kegiatan kebersihan yang diadakan pada Jumat (6/4/2018) tersebut melibatkan ribuan relawan dari unsur PNS OPD Badung, TNI, Polri, komponen Pariwisata, serta siswa sekolah. Aksi bersih-bersih tersebut mengusung tema: Pantai Kuta Bersih Tanpa Plastik. Kegiatan ini diikuti 4.000 orang dari berbagai elemen dengan menyasar seluruh pesisir Pantai Kuta.

“Ini adalah bentuk semangat menyambut event dunia IMF Annual Meeting World Bank pada Oktober 2018 di ITDC Nusa Dua melalui bersih pantai. Kegiatanya ini juga sebagai cerminan Badung siap menjadi tuan rumah event dunia ini,” kata Kepala DLHK Badung Putu Eka Merthawan.

Dia memaparkan, aksi yang menjadi fokus DLHK adalah perwajahan Badung, seperti taman, kebersihan jalur utama, tata kelola sampah rumah tangga serta sampah plastik dan sampah pantai. Termasuk penanganan limbah industri dan rumah tangga, kebersihan hutan bakau serta penataan ijin lingkungan.

“Aksi pagi ini adalah untuk sosialisasi kepada semua komponen Badung siap menjadi tuan rumah yang baik dan elegan,” imbuhnya.

Terkait sampah yang berhasil dikumpulkan, Eka Merthawan mengungkapkan, dengan melibatkan 4.000 orang berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 10 truk atau 20 ton. Sampah paling dominan adalah sampah plastik. Meski begitu, dia memastikan aksi sosial ini akan dilakukan setiap dua minggu sekali di semua tempat yang terkait event tersebut. Aksi sosial ini juga mendapat sambutan positif dari sejumlah wisatawan yang hadir di Pantai Kuta. (*/Cia)

Komentar