Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Koster Terus Bergerak di Kandang Rai Mantra

foto : Oke

KARANGASEM – Koster-Ace terus bergerak di basis dukungan Mantra Kerta di daerah Kawasan Karangasem. Kandang Rai Mantra di Banjar Adat Bambang Biaung, Duda, Selat Karangasem jadi sasaran pasangan yang diusung PDI-P ini. Dalam kesempatan kemarin, Koster-Ace menggelar Kempenye dialogis di Balai Banjar Bambang Biaung yang notabena memang kandang Rai Mantra.

Maklum Rai Mantra sendiri selama ini kerap mengaku dberasal dari Duda, Selat, Karangasem. sementara sejauh ini Rai Mantra memang belum menggelar kempenye di tanah leluhurnya tersebut. Kali ini malah pakat Koster Ace yang duluan datang untuk membeber visi misi disana.

Kedatangan Koster Ace bersama dengan timnya disambut Kelian banjar adat Bambang Biaung I Komang Sutama bersama sekitar 2000 orang warga setempat. Nampak hadir ketua Pemenangan Koster Ace Karangasem I Gede Dana. Nampak hadir juga dari Hanura, Wayan Denia, anggota F PDIP Karangasem diantaranya Wayan Suastika, Wayan Sumerta dan dapil selat dan beberapa tokoh masyarakat selat termasuk nengah Rata.

Sementara itu nampak ikut dalam rombongan kempenye Koster Ace  diantaranya Ni Wayan Sumiati, anggota DPRD Bali Kadek Darmini dan beberapa pengurus DPC PDIP Karangasem.

Dihadapan warga Bambang Biaung siang itu Koster kembali membeber apa apa saja yang akan dilakukan. Sementara itu sebelumnya Kelian Banjar Komang Sutama berharap Koster bisa membantu warganya untuk balai pertemuan atau Bale Banjar. Karena Bele banjar yang ada sudah mulai rusak.

Koster sendiri berjanji akan memenuhi harapan masyarakat Bambang Biaung. Namun demikian Koster juga meminta tolong agar warga memberikan hak pilihnya 27 Juni mendatang dengan mencoblos Koster Ace.

Bahkan Koster berjanji jika menang nanti akan datang lagi untuk meujudkan bantuan termasuk wantulan yang diinginkan warga. Sementara itu Koster kembali membeber program yang akan dilakukan di berbagai bidang. Salah satu unggulanya adalah akan membuat sekolah SMA untuk warga miskin di Karangasem. sekolah tersebut akan di asramakan dan semua biaya pendidikan gratis.

Tidak hanya biaya, buku dan uang pakaian serta makan juga akan di gratiskan. Siswa akan di asramakan dan diajak masak bersama. “Sama persis dengan sekolah Bali Mandara di Singaraja…ini sekolah bagus,” ujar Koster. Koster juga mengakui kalau program tersebut merupakan titipan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Selain itu Pergutuan Tinggi Di dan D II juga akan dibagun di Karangasem di Kubu Tulemben. Sekolah ini juga akan menyesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja di Karangasem. sehingga lulusan sekolah tersebut nanti bisa langsung bekerja.

Program Ngaben dan Metatah masal juga akan dibuat gratis dengan bantuan APBD bagi masyarakat yang tidak mampu. Bedah rumah akan dinaikan kwalitasnya. Dari Rp 30 juta jadi Rp 50 juta. bahkan mereka yang sudah dapat bedah rumah sebelumnya saat ini anggaranya akan di tambah Rp 20 juta lagi agar rumah bisa lebih layak atau di plester.

Koster juga akan memantu semua desa adat dengan wantilann yang bagus bagi yang belum punya. Sementara utnuk BKK akan dianikan menjado Rp 300 juta per tahun.

Koster mengatakan sekarang ini APBN dan APBD sudah mengganggarkan 20 persen untuk pendidikan dan 10 persen untuk kesehatan. Sehingga pendidikan dan kesehatan wajib bagus dari segi pelayanan. Dia juga akan mengratiskan biaya perawatan untuk rumah sakit kelas III seperti JKBM. Bahkan cakupan akan diperluas untuk beberapa penyakit berat yang selama ini belum di cover. Diantaranya oprasi jantung, cuci darah dan juga yang lainya.

Semntara itu Cok Ace sendiri mengaku tidak asing kalau di Duda. Dirinya mengaku kerap tangkil di Geria Duda, Karangasem di Ide Pendanda Gede Ngenjung. (Oke)

Komentar