Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Raih Penghargaan Peduli HAM Tiga Kali, Suwasta Buktikan Klungkung Aman dan Peduli

foto : istimewa

KLUNGKUNG - Jarang ada yang mengetahui, keberhasilan kepemimpinan Pasangan Suwirta dan Kasta (Suwasta) pada periode pertamanya tidak saja dibidang pembangunan namun dalam hal Hak Asasi Manusia (HAM) juga terbukti berhasil. Dimana, selama kurun waktu tiga tahun memimpin, sebanyak tiga kali juga mendapat penghargaan Peduli HAM dari Kementrian Hukum dan HAM RI.

Penghargaan yang ketiga kalinya diraih Pemkab Klungkung, berturut-turut sejak 2015. Menutur Calon Bupati I Nyoman Suwirta, Ada 351 dari 515 kabupaten/kota berpartisipasi dalam pemenuhan HAM. Namun, berdasarkan SK HAM-UM.01.03-53, hanya 232 kabupaten/kota berkategori peduli HAM dan 64 kategori cukup peduli HAM.

“Klungkung merupakan salah satu kabupaten penerima penghargaan peduli HAM karena lulus kriteria penilaian, Tahun ini Klungkung memperoleh nilai total 85,54,” kata Cabub Suwirta, Rabu (9/5). Penghargaan itu meliputi  hak atas kesehatan, hak atas pendidikan serta hak perempuan dan anak yang mendapat nilai tinggi. 

Penghargaan ini menurutnya bukan sekedar pengakuan biasa melainkan melihat kenyataan yang terjadi dengan kepepimpinannya pada periode pertama dengan Gema Santi atau Gerakan masyarakat yang santun dan Inovatif.

“Bagaimana mengajak masyarakat itu santun, mau bekerja, inovatif dan muncul ide-ide kreatif sehingga kasus kriminalisme terus menurun di Klungkung,” katanya. Selain itu, Polda Bali juga memiliki catatan bahwa selama ini Klungkung merupakan wilayah paling kondusif dari Sembilan kabupaten kota di Bali.  

Kedepan program Panca Santi sebagai misi penguatan adat dan budaya, kemudian SDM yang berdaya saing dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan social menjadi pedoman dalam pembangunan di Klungkung.

“Bedah Desa lagi satu, itu sudah pasti diteruskan, dengan itu kami tahu bagaimana masyarakat terbawah, apa yang diinginkan, kasus apa yang ada di desa atau bahkan di tingkat keluarga kita bantu pecahkan dan carikan solusi terbaik sehingga masyarakat Klungkung seguluk segilik sebayantaka,” terang ayah tiga anak ini.

Sementara dalam Pilkada 2018 ini, selain sebagai Calon Bupati, I Nyoman Suwirta juga selaku Bupati Cuti berpesan kepada masyarakat Klungkung untuk berpolitik santun dan cerdas dalam menentukan pilihan sehingga apa yang menjadi cita-cita Klungkung menjadi unggul dan sejahtera bisa terwujud. (*)

Komentar