Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bisa Jadi Produk Unggulan, Koster Akan Tata Industri Arak Karangasem

foto : istimewa

KARANGASEM - Calon Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster memberi perhatian khusus kepada industri olahan rumah tangga arak di Kabupaten Karangasem. Koster akan menata industri tersebut agar dapat menjadi pemasukan yang lebih baik bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. 

Penataan akan dilakukan dimulai dengan menyiapkan tenaga ahli agar produk tersebut menjadi produk unggulan. "Karena industri ini hanya ada di sini, satu-satunya di sini. Kita akan kembangkan. Akan diteliti agar jadi produk unggulan," ujar Koster di hadapan ratusan warga di Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Karangasem, Sabtu 12 Mei 2018.

Ia berharap hasil penelitian dari tenaga ahli yang disiapkan nantinya mampu menghasilkan kualitas arak terbaik. Baginya, yang terpenting industri olahan rumah tangga ini terkontrol dengan baik oleh pemerintah. "Ini kan namanya industri olahan. Kita harus kontrol dengan baik. Nanti bantuan permodalannya dibantu dari ABPD. Labelnya kita siapkan, termasuk pemasarannya," ujar Koster.

Nantinya, lembaga tempat bernaung industri olahan rumah tangga ini berbentuk koperasi. "Kalau ini dikelola dengan baik, maka dia bisa mengurangi pengangguran di Karangasem dan meningkatkan kesejahteraan masyararakat. Tapi memang harus dikontrol secara ketat pengolahannya," katanya.

Tak hanya khusus kepada industri olahan arak Karangasem, Koster juga akan memberikan perhatian serupa terhadap hasil pertanian di Kabupaten Karangasem. Tujuannya satu, ia ingin masing-masing desa di Bali memiliki produk unggulan. "One village, one product. Jadi satu desa itu satu produk unggulan. Itu yang ingin saya ciptakan," demikian Koster. (*)

Komentar