Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Realisasi E Parkir, Tabanan MoU dengan Empat Perbankan

foto : istimewa

TABANAN – Upaya Pemda Tabanan wewujudkan e parkir terus dilakukan. Komitment tersebut juga dilakukan dengan penandatanganan Memori of Understanding (MoU) dengan sejumlah bank. Empat Perbankan yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA ditunjuk sebagai penyedia uang elektronik guna  membantu masyarakat dalam bertransaksi.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di Kantor Bupati Tabanan, Selasa (15/5). Penerapan e parkir ini ditarget akhir juni mendatang dan upaya sosilaisasi akan terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan Tabanan.

Dengan  penandatanganan MoU tersebut, maka Kabupaten Tabanan merupakan satu-satunya Kabupaten di Bali yang kali pertama menerapkan sistem E-Parking atau sistem parkir elektronik. Bahkan untuk yang pertama kali di Kawasan Timur Indonesia.

Deputi Kepala Perwkilan Bank Indonesia, Teguh Setiadi, menyatakan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Pemda Tabanan dan menyatakan Bank Indonesia siap mendukung program e Parkir hingga berjalan dengan sukses.

“Semoga ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya di Bali dan kawasan timur Indonesia,” tegas Teguh.  

Sebagai Otoritas Sistem Pembayaran, tambahnya,  visi Bank Indonesia yakni  mengelola dan memelihara sistem pembayaran dan pengelolaan uang yang aman, efisien dan lancar yang diwujudkan dengan pengembangan Less Cass Society.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam kesempatan kemarin menyatakan rasa bangganya atas terobosan e Parkir di Tabanan guna merancang sebuah konsep penataan parkir secara profesional, efisien dan efektif sesuai dengan program e-goverment maka penerapan sistem E-Parking oleh Dinas Perhubungan ini sangat tepat. 

“Penerapan E-Parking ini tidak sembarangan karena sudah ada Perdanya dan  harus diterapkan dan dijalankan  sesuai kesepakatan yang sudah disahkan oleh eksekutif dan legislatif di dalam pelayanan publik” katanya.

Bupati Eka berharap agar sosialisasi E-Parking ini lebih digalakkan oleh para OPD Tabanan, Camat dan segenap unsur masyarakat. Selain itu maintenance juga dibutuhkan, dan minimaze semua permasalahan termasuk kemanan.

Bupati Eka juga menyatakan apresiasinya dan ucapan selamat juga kepada Dinas Perhubungan yang telah berinovasi dengan E-Parking ini dan para OPD Tabanan yang sudah mendorong inovasi ini, terima kasih kepada Bank-Bank yang telah bekerja sama dan mensukseskan sehingga e-goverment bisa terwujud dengan baik.

Susuai rencana, sisem e parkir akan diterapkan  di 15 (lima belas) titik areal parkir di seputranan kota Tabanan dan telah terpasang sejak 29 Maret lalu. Nantinya masayarakat tidak lagi membayar biaya parkir menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan uang elektronik. 

"Caranya cukup simple,usai parkir tempelkan uang elektronik pada reader dan selanjutnya akan keluar struk dan bisa ditunjukkan pada juru parkir," jelas Agus. (*/Cia)

 

Komentar