Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Sumatri Buka Bintek Pelaku Usaha Mikro

foto : istimewa

KARANGASEM - Bupati Karangasem I Gusti ayu Mas Sumatri berkesempatan membuka acara Bimbingan Teknis (bintek) yang dikuti para penenun kain di Karangasem. Kegiatan pemberdayaan usaha mikro bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Didampingi Asisten III, I Wayan Purna dan Kepala OPD terkait melalui dinas koperasi , usaha mikro, kecil dan menengah Kabupaten Karangasem, Bupati Mas secara resmi acara bintek di Wantilan Antiga Kelod Kecamatan Manggis. Kamis (17/5).  Sebanyak 30 peserta mengikuti acara tersebut yang merupakan pelaku usaha kecil bidang tenun kain karangasem.

Yudiantara selaku  juga mengatakan dinas koperasi , usaha mikro, kecil dan menengah Kabupaten Karangasem menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mendorong usaha mikro yang sipatnya pribadi supaya membentuk kelompok dan bisa terorganisir membentuk koperasi yang berbadan hukum resmi.

"Kegiatan bintek ini tidak lain adalah  Untuk membimbing pelaku udaha mikro agar satu langkah lebih maju dari sebelumnya dan tidak lain juga untuk mensejahterakan masyarakat, seperti menambah penghasilan tambahan bagi masyarakat,"ucapnya

Bupati Karangasen I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan , Seperti kita ketahui bahwa usaha mikro kecil yang ada di masyarakat sangat banyak, diantaranya ada bergerak di sektor perdagangan, industri kecil seperti olahan makanan, tenun maupun handycraf.

Para pelaku usaha mikro kecil inilah mampu menggerakan roda perekonimian secara signiftkan karena usaha mikro kecil relatif gampang dilaksanakan utamanya yang bergerak dalam bidang pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam arti kebutuhan pangan dan sandang.

Dipaparkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem telah mengadakan MoU atau Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Pusat terkait dengan pelaksanaan Program KUR di Kabupaten Karangasem. Program KUR ini bertujuan untuk memberikan pinjaman dengan bunga yang ringan bagi pelaku usaha mikro kecil sebagai penambahan modal usaha maupun investasi guna menunjang jalannya usaha yang dilaksanakan sehingga dapat Iebih berkembang dan maju.

“Jika sudah membentuk suatu kelompok usaha, tentu usaha ini akan lebih berkembang karena akan lebih banyak yang akan mengelola sesuai bidang tugas masing masing anggota kelompok,” tutup Mas Sumatri. (Oke)

Komentar