Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Suiasa Ajak Masyarakat Tingkatkan Bhakti dan Sradha Mohon Keselamatan

Pujawali piodalan di Pura Segara Legian dihadiri oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Selasa (15/5) lalu. Foto : Ist

BADUNG - Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, berkesempatan menghadiri Pujawali piodalan di Pura Segara Legian. Selain menyatakan rasa bangganya atas semangat warga atas terselenggaranya upacara, tokoh masyarakat Badung ini juga mengajak warga untuk meningkatkan Bhakti dan Sradha guna memohon keselamatan ditengah kondisi gangguan keamanan belakangan ini.

"Mari kita tingkatkan bhakti dan sradha untuk memohon keselamatan ditengah-tengah kondisi adanya gangguan keamanan akibat perbuatan orang-orang yang menimbulkan ketidaknyamanan hidup masyarakat", ujar Suiasa. Selasa kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Suiasa atas nama pemerintah Kabupaten Badung sekaligus menyerahkan dana bantuan untuk aci piodalan sebesar Rp 15 juta yang diterima  Kelian Pura Segara Legian Nyoman Rutha Ady.

Hadir dalam acara itu Camat Kuta I Made Widiana, Lurah dan Ketua LPM Kelurahan Legian, prejuru desa dan prejuru Br Pekandelan Legian.

Sebelumnya, Kelian pengemong Pura Segara Legian I Nyoman Rutha Ady menjelaskan sejarah  Pura Segara Legian dimana merupakan Pura Swagina Bendega (nelayan) sejak zaman duhlu dan hingga kini tetap dilestarikan.

Upaya pelestarian itu dilakukan  dengan melaksanakan piodalan setiap enam bulan yaitu pada Anggara Julungwangi,15 hari sebelum hari raya Galungan.

"Zaman dulu sebelum sektor pariwisata berkembang seperti sekarang ini, para pengelingsir kami selain berprofesi sebagai petani juga sebagai nelayan. Di tempat suci inilah mereka memohon keselamatam dan berkah," katanya.

Pengempon Pura Segara Legian saat ini terdiri dari 35 kepala keluarga yang semuanya berstatus warga Br Pekandelan Desa Adat Legian. Rutha Ady berharap kepada pemerintah agar tetap memberikan perhatian terhadap keberadaan tempat-tempat suci sebagai bagian dari upaya pelestarian adat dan budaya bangsa. (LBC)
       

Komentar