Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gunung Agung Meletus, Warga Dihimbau Tetap Tenang

foto : Oke

KARANGASEM – Meski nampak tenang, Gunung Agung rupanya kembali meletus. Bahkan diketahui ketinggian erufsi Gunung Agung tersebut setinggi 1000 (seribu) meter dan condong kea arah tenggara.

Gunung setinggi 3142 Mdpl tersebut secara tiba tiba erupsi, Sabtu (19/5) sekitar pukul 17.19 wita. Diperediksi arah letusan mengarah ke arah Bebandem Karangasem. Letusan terjadi dengan amplitude 10 mm dan durasi 240 detik.

Selaian itu,  juga sempat terjadi tektonik jauh dengan amlitudo 12 mm dengan durasi 140 detik. Terlihat juga asap kawah bertekanan sedang teramati dengan warna kelabu dan putih dengan intensitas sedang.

Pihak BVMBG melalui pos pemantau Gunung Agung di Rendang menegaskan kalau Gunung Agung masih dalam level III atau siaga. Pihak BVMBG sendiri telah mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat sekitar gunung Agung dan pendaki serta wisatawan agar tidak berada atau melakukan pendakian dizona perkiraan bahaya. Dimana zona perkiraan bayaya telah di tetapkan dengan radius 4 km dari puncak Gunung Agung.

Meski terjadi letusan namun warga yang berada di lerang Gunung Agung tetap tenang. Mereka malah tetap beraktifitas seperti biasa. Ini juga terlihat warga di sekitar Dusun Tukad Sabuh, Desa Duda Utara, Selat, Karangasem dengan radius sekitar 8 km dari Gunung Agung.

Kawasan ini masuk KRB II yang beberapa waktu lalu sempat mengungsi. dari pantauan warna nampak tenang. “Tadi sempat erufi, namun tidak sampai membuat kami panik,” ujar Ketut Putra, warga Tukad Sabuh.

Sementara itu menurut pihak BVMBG, Devi Kamil Syahbana mengatakan, kalau erupsi seperti itu wajar. Karena Gunung Agung sendiri masih di level III dan alat sesmik juga masih merekam adanya gempa vulkanik dan tektonik di sisi utara Gunung Agung.

Gunung Agung diakui belum sepenuhnya setabil. Masih memungkinkan terjadi erupsi. Hanya saja letusan yang terjadi sekala kecil dan terjadi sekitar kawah dengan radius 4 km.

“Erufsi terjadi dalam skala kecil dengan radius sekitar 4 Km sekitar kawah. Kami harap warga tenang menyikapi erufsi kali ini,” ujar Kamil Syahbana. (Oke)

Komentar