Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dukung Upacara Atma Wedana, Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Hibah Rp 506 Juta

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan dana hibah secara simbolis kepada krama Desa Adat Kerta, Desa Petang, Senin (21/5) di Balai Banjar Desa Adat Kerta. Foto : Ist

BADUNG - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah setengah milyar lebih kepada Desa Adat Kerta, Desa Petang, Badung, Bali. Dana tersebut diharapkan bisa mendukung upacara Atma Wedana, Mepandes, dan Mapetik yang akan digelar warga setempat.

Dana sebesar Rp 506 lebih tersebut, diseragkan di Balai Banjar Desa Adat Kerta, Senin (21/5) kemarin. Prosesi penyerahan disaksikan Camat Petang, Ida Bagus Nata Manuaba, Kepala Satpol PP, Anak Agung Ngurah Surya Negara, Ketua WHDI Kabupaten Badung, Ni Ketut Suas Isyudayani, Ketua Forum Perbekel Kabupaten Badung, I Gusti Lanang Umbara, Perbekel Desa Petang, I Wayan Suryantara.

Bantuan dana hibah tersebut sekaligus diharapkan bisa meringankan warga khususnya terkait pembiayaan, paling tidak masyarakat tidak perlu mengeluarkan dana perseorangan untuk pagaleran upacara.

Bupati Badung, Giri Prasta menegaskan Pemerintah Kabupaten Badung kegiatan upcara atma wedana sebab merupakan bagian dari pelestarian seni, adat, agama, tradisi dan budaya. Untuk itu, sudah sepatutnya dirinya mendukung kegiatan suci tersebut agar berjalan lancar.

"Untuk itu kami Pemkab Badung akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban, paling tidak masyarakat tidak lagi mengeluarkan peson-peson atau iuran berupa dana," jelas Bupati. 

Bupati Giri Prasta juga mengatakan, dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemkab Badung telah menetapkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB).

PPNSB mencakup lima skala prioritas program pembangunan meliputi; pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama, tradisi dan budaya, serta pariwisata termasuk infrastruktur.

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat melalui program bedah rumah, pendidikan dan kesehatan gratis, pelayanan administrasi kependudukan gratis, PBB gratis, santunan kematian termasuk santunan bagi lansia. 

Sementara Ketua Panitia I Wayan Darsana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah membantu pelaksanaan Upacara Atma Wedana, Mepandes dan Mapetik ini sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Kami mewakili masyarakat Desa adat Kerta, Desa Petang menyampaikan terima kasih atas bantuan Bapak Bupati Badung, sehingga upacara atma wedana mepandes dan mapetik ini bisa berjalan lancar,” ujar Darsana. (LBC)

 

Komentar