Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Suwasta Ciptakan Konsep Jitu Bangun Pariwisata

foto : istimewa

KLUNGKUNG - Hiruk pikuk panggung politik dalam pilkada 2018 di Kabupaten Klungkung seakan berlomba dengan ramainya kunjungan wisata ke tiga pulau di Kecamatan Nusa Penida yakni Pulau Nusa Lembongan, Ceningan dan Pulau Nusa Penida.

Dan tentunya masing-masing pasangan calon wajib memiliki stragegi nyata untuk membangun pariwisata di wilayah Klungkung yang menggeliat selama empat tahun belakangan ini. Contohnya pasangan calon Suwirta dan Made Kasta (Paket Suwasta) sudah memperhitungkan semua itu.

“tidak saja ingin menang dalam pilkada untuk menjadikan Klungkung yang lebih unggul dan sejahtera lagi tapi kami juga menginginkan bagaimana Klungkung itu diakui dimata dunia,” kata Calon Bupati nomor urut 2, I Nyoman Suwirta,  Sabtu 2 Juni 2018 dikediamannya di Banjar Siku, Desa Kamasan Klungkung.

Rancangan, konsep dan system sudah dibentuk sejak periode pertama memimpin dan kedepan agar kualitas tetap terjaga maka pengelolaan dilakukan dengan membentuk menejemen yakni badan pengelola pariwisata nusa penida.

                                        

“Kenapa ? yaa semua untuk kebaikan kita semua, mulai dari pengaturan bagaimana keluar masuk wisatawan, pembangunan sarana pariwisata, dan memperhatikan konsep lingkungan, apalagi Nusa Penida merupakan kawasan Konservasi Perairan yang wajib kita jaga bersama kelestarian alamnya,” katanya.

Untuk badan pengelola pariwisata masing-masing sudah terbentuk, seperti city tour untuk Kota Semarapura, kemudian badan pengelola pariwsata nusa penida. Dan badan pengelola ini berada diluar dinas pariwisata. “Kenapa ini dibentuk, yaa semua untuk masyarakat Klungkung, jangan sampai kita menjadi tamu di rumah sendiri, artinya masyarakatlah yang harus ikut menikmati dan bukan orang luar,” terangnya. Nah mengenai konsepnya dan system yang akan dijalankan semua akan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan.

                                       

Berbagai promisi yang dibuat selama periode pertama kepemimpinannya, Suwasta juga melakukan berbagai ivent festival, Festival Semarapura, Festival Nusa Penida, dan berbagai fesrtival kecil lainnya yang tentunya menyedot kunjungan wisata sebagai ivent tahunan. “Jika terpilih kembali, akan ada festival Goa Lawah dan Goa Jepang nanti, “ ujarnya.

Dihubungi terpisah, calon wakil Bupati I Made Kasta menambahkan Kabupaten Klungkung itu sangat kaya dimana berbagai potensi ada di Klungkung, tinggal mengembangkan saja, apalagi dasar kita sudah punya. “Niat tulus untuk rakyat adalah utama, konektifitas pulau dan daratan sudah dibentuk tinggal menerapkan saja, kami akan berlari kencang, agar masyarakat sejahtera,” tambahnya.(*)

Komentar