Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Buka Pameran Pembangunan dan PKB Karangasem 2018

foto : istimewa

KARANGASEM – Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka pameran potensi dan hasil pembangunan dan Pesta Kesenian Bali (PKB) Karangasem tahun 2018. Kegiatan ini sekaligus memeriahkan hari jadi Kota Amlapura yang ke 378 di GOR Gunung Agung, Amlapura, Senin (11/6).

Berbagai kegiatan akan digelar selama 4 hari ke depan, diantaranya pameran
pembangunan yang diikuti  kalangan pelaku UKM, industry, dagang hingga kuliner. Sebanyak 75 stand disediakan panitia dan sudah terisi penuh.

Pagelaran hiburan serta penampilan artis Pop Bali juga akan meramaikan pagelaran tersebut  seperti  Lawak Dadong Rerod, Uji coba Gong Gebyar, Kiss Band, Ari Kencana dan kawan-kawan, Jun Bintang, Broken Radio, Pop Bali Karangasem, dan Joni Agung.

Kegiatan Lomba juga siap memeriahkan pesta rakyat ini  diantaranya  lomba Fotografi, Lomba Olahraga Tradisional, Karangasem 10 K, Lomba Kebersihan Kantor, Pertokoan dan Pasar, Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018, dan lomba-Iomba Iainnya, serta upacara bendera Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura ke-378 serta Pawai Budaya dengan menampilkan Adhi Merdangga “Wasesa Ananta” dan partisipasi dari 8 Kecamatan.

Guna menghibur para pengunjung, kegiatan PKB Karangasem juga akan diisi dengan lomba nyastra , whorkshop busana dan bebantenan dan uji coba perwakilan Karangasem dalam PKB ke-4O yang akan dibuka di Denpasar pada tanggal 23 Juni 2018. 

“Tujuannya untuk menghormati jasa I Dewa Karang Amla, sebagai pendiri Kota Amlapura dan pewarisnya. Selain itu juga guna menampilkan visualisasi  segenap potensi pembangunan dan untuk memberi hiburan bagi masyarakat Karangasem,” kata  ketua panitia I Gede Adnya Mulyadi.  

Dilain pihak, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri yang hadir ditengah acara mengatakan, peringatan Hari Jadi Kota Amlapura tahun ini mengambil tema “Tri Hita Karana, Harmoni Jagat Semesta” dan merupakan nilai pertama dari pemaknaan “Karangasem The Spirit of Bali”.

“Kami harap akan menjadi momentum kita untuk mulat sarira terhadap komitmen di dalam menjaga harmoni hubungan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sesama manusia, dan dengan lingkungan atau alam semesta,” ungkap Bupati Mas.

Selain Pameran, rangkaian peringatan ini juga akan menampilkan kesenian-kesenian yang ada di Kabupaten Karangasem, hal ini dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan Seni Budaya yang ada di Kabupaten Karangasem, serta memberikan hiburan kepada masyarakat Kabupaten Karangasem yang sehari-hari bergelut dalam kesibukannya masingmasing.

Di bidang pembangunan  Bupati Mas Sumatri menilai, Karangasem telah menunjukkan prestasinya. Dibuktikan dengan berkali-kali meraih penghargaan Adipura. Serta penghargaan yang baru-baru ini kita terima yaitu Predikat pengelolaan keuangan Daerah WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) 3 kali berturut-turut. Selain itu,Anugrah TOP BUMD 2018, Penghargaan Prestise Indonesia dan Perpamsi Award diraih oleh PDAM Karangasem yang merupakan BUMD binaan Pemkab Karangasem atas pelayanan yang baik terhadap konsumennya yaitu masyarakat Kabupaten Karangasem. Ini menunjukkan potensi pembangunan yang kini digarap sudah menunjukkan hasil. Pembukaan Pameran kemarin ditandai dengan pelepasan balon berjumlah 378 oleh  jajaran  Muspida Karangasem. (Hms/Cia)

Komentar