Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengungsi Mulai Dapatkan Layanan Kesehatan

foto : Oke

KARANGASEM – Selain mendapatkan pasokan logistik, sejumlah pengungsi yang mendiami sejumlah banjar di Karangasem mulai mendapatkan layanan kesehatan.  Pemberian pelayanan tersebut sengaja dilakukan guna membantu para pengungsi ditengah musibah yang mereka alami.  

Sejak Jum’at  (29/6), sejumlah petugas medis mulai memeriksa kesehatan para pengungsi. Sejumlah perawat dan dokter dikerahkan oleh Pemerintah Karangasem agar kondisi pengungsi tetap terjaga selama dalam pengungsian.

Seperti yang terpantau di lokasi pengungsian sementara Banjar Bencingah, Desa Duda, Selat, Karangasem. Pengungsi yang didominasi oleh anak anak dan lansia ini mulai mendapatkan pelayanan kesehata dari tim medis Puskesmas Selat dibawah kordinator dr lanang putu udayana.

"Ya kita karena mewilayahi Kecamatan Selat, seluruh pengungsi yang ada dipos pengungsian di Kecamatan Selat kita yang melayani," kata Ni Kadek Budi Utamai salah satu perawat yang saat itu mendata para pengungsi di Banjar Bencingah.

Saat melakukan pendataan, ada salah satu pengungsi asal Sebudi yang ditemukan mengalami penyakit strouk. Hanya saja penyakit strok yang dialaminya tersebut memang sudah sejak lama, sempat dianjurkan agar mendapat perawatan ke Puskesmas Selat, namun pihak keluarga belum bersedia untuk dibawa ke Puskesmas.

Sementara itu, beberapa saat sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. Gusti Bagus Putra Pertama juga sempat berkeliling mengunjungi pos pos tempat pengungsian sementara untuk mwlihat langsung kondisi dilapangan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan para pengungsi terkait masalah kesehatan.

"Ya kita berkeliling untuk mengewahui situasi dipos pengungsian, setelah ini kita akan melihat pos pengungsian yang ada di Rensang," ujarnya. (*/Oke)

Komentar