Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gunung Agung Meletus, Warga Dihimbau Tetap Tenang

Foto : Ist

KARANGASEM – Warga di sekitar kawasan Gunung Agung, Karangasem dihimbau tetap tenang pasca erupsinya Gunung yang berada di wilayah timur Pulau Bali tersebut. Warga juga dihimbau untuk segera mengosongkan radius berhaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasca erupsi, Senin (2/7) sekitar pukul 21. 04 kemarin, kondisi Gunung Agung masih berada di level siaga (level 3) dengan radius berbahaya sekiar 4 – 5 kilometer dari puncak kawah. Sejumlah pengungsi sudah mulai berdatangan di sejumlah lokasi pengungsian baik di Karangasem dan Klungkung.

Selain mengungsi secara mandiri, bantuan evakuasi juga dilakukan jajaran BNPB dan BPBD ke sejumlah lokasi pengungsian.   

“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan,” ujar Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Sutopo juga menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan semua informasi terkait kegunungapian dari PVMBG sebagai lembaga yang resmi. Gunung Agung telah dipasang berbagai peralatan sistem peringatan dini yang lengkap dan terus beroperasi sengan baik.

Untuk massyarakat yang akan melakukan evakuasi juga dihimbay tidak keluar dari wilayah Karanagasem, namun hanya cukup berada di daerah KRB II agar memudahkan penanganan pengungsi oleh  BNPB dan BPBD terus berkoordinasi dengan PVMBG, BMKG dan pihak-pihak lainnya. (*/Cia)

Komentar