Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sosiliasasi ke Sekolah, Pasebaya Agung Himbau Siswa Tetap Waspada Gunung Agung

foto : Oke/Ist

KARANGASEM - Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) Gunung Agung menghimbau siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Selat agar selalu waspada dan siaga ancaman erupsi gunung api yang masih aktif apabila terjadi sewaktu-waktu.

“Siswa semua agar tetap waspada akan bahaya ini, karena berada dibawah Kaki Gunung Agung sehingga tidak ada korban jiwa,” kata Ketua Pasebaya Agung I Gede Pawana di Karangasem, Rabu (11/7).

Hal itu disampaikan ketika sosilisasi Pasebaya Agung kepada siswa baru SMPN 3 Selat yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) yang berada di Duda Utara, Kecamatan Selat Karangasem. Ia didampingi Sekretaris Pasebaya I Wayan Suara mengatakan, siswa agar tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Agung.

Mengingat kondisi gunung api yang masih aktif kemungkinan meletus, namun waktunya belum ada mampu yang bisa menentukan secara pasti. Untuk itu, siswa agar selalu tenang dan tidak panik, sembari menunjukkan gambaran erupsi gunung api melalui tayangan video. Dengan demikian, agar siswa keluar rumah melengkapi Alat Perlindungan Diri (APD) sehingga terhindar dari abu vulkanik.

Sementara itu, Sekretaris Pasebaya Agung Wayan Suara menambahkan, pihaknya memberikan perkenalan prosedur penyampaian informasi aktivitas Gunung Agung melalui Handy Talky (HT). Disamping itu, informasi juga disebarkan melalui akun media sosial baik melalui facebook, istagram, telegram maupun whatshaap. Penyebaran informasi dilakukan secara sistematis untuk menghindari informasi bohong (hoax) yang dikhawatirkan warga.

Relawan Pasebaya yang berjumlah 1221 orang selalu siaga selama 24 jam, bahkan melalukan pemantauan langsung ke lapangan di kaki Gunung Agung di KRB “Kami turun mendatangi masyarakat untuk memberikan rasa aman, sehingga mereka tidak panik,” ungkapnya.

Kepala SMPN 3 Selat, I Nengah Sikiarta mengharapkan informasi tersebut berguna bagi seluruh keluarga besar sekolah. Perkenalan itu mampu memudahkan memperoleh informasi dan selalu tenang dalam menghadapi kondisi Gunung Agung. (*/Oke)

Komentar