Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Talenan Sakti Dikukuhkan

foto : istimewa

GIANYAR - Kepengurusan Talenan Sakti dikukuhkan. Posisi ketua dipercayakan kepada Made  Arjina alias Gejir (wakil ketua) De Warung ditunjuk sebagai penasehat, Nyoman Sentruk dipilih sebagai sekretaris, Dewa Alit diposisikan sebagai bendahara.

Pengukuhan dilukukan di rumah Dewa Alit di Banjar Tengkulak semalam diawali mebat (ngelawar) yang dilanjutkan makan bersama. Kamis (25/7). Sebetulnya Talenan Sakti sudah ada sejak tiga tahun lalu. Namun baru semalam dikukuhkan.

Talenan Sakti merupakan organisasi suka duka yang lebih berkiprah ke aksi sosial. Suka duka ini punya filosopi yang sangat mulia. Talenan merupakan potongan kayu yang fungsinya sebagai tempat mebat atau proses ngelawar.

Dikaitkan dengan fungsi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, jelas sangat mulia. Talenan dipakai meebatan. Ketika dipakai, entah dibersihkan atau tidak, tetap tidak apa-apa. Kena hujan juga tidak apa-apa, kepanasan juga tidak apa-apa. Artinya tidak pernah mengeluh. Atau filosodi itu, orang-orang Talenan Sakti tidak pernah mengeluh. Suka menolong dan selalu berbuat baik. (*)

Komentar