Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Suiasa terima Kunja Kabupaten Demak di Badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat menerima kunjungan Wakil Bupati Demak Jawa Tengah di Kabupaten Badung, Kamis (26/7) kemarin.

BADUNG -Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan apresiasi dan penghargaan terkait dipilihnya kabupaten Badung sebagai tujuan kunjungan kerja FKUB Kabupaten Demak yang juga untuk menjalin silaturahmi Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Demak Jawa Tengah dengan pemerintah daerah setempat.

"Kunjungan ini merupakan sebagai upaya meningkatkan silahturahmi dan kerukunan antara FKUB Badung dengan FKUB Demak serta saling tukar menukar informasi dan pengalaman. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat menerima kunjungan Wakil Bupati Demak Jawa Tengah di Kabupaten Badung, Kamis (26/7) kemarin.

Wabup Suiasa pada kesempatan tersebut mengatakan FKUB Badung mengutamakan tri kerukunan antar umat beragama yang terdiri dari kerukunan intern umat bergama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik. Hal itu menjadi komitmen FKUB Badung dengan mengedepankan konsep Tri Hita Karana dan rasa "menyama braya" atau persaudaraan.

Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala (Puspem Badung) selain sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat, dimana tempat itu sering dimanfaatkan sebagai pusat silahturahmi umat beragama. 

"Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan kegiataan keagamaan di Puspem Badung seperti kegiatan rutin sholat Idul Adha dan Idul Fitri, kegiatan Natalan dan perayaan Imlek di Puspem Badung. Untuk umat Hindu, secara rutin setiap purnama melakukan persembahyangan di Pura Lingga Bhuwana," katanya. 

Melalui FKUB dapat membangun sinergitas melalui lintas agama yang akan dapat memacu pergerakan pembangunan dan menyukseskan program-program pemerintah. Dimana di kabupaten Badung melalui prioritas pembangunan lima tahun kedepan salah satu diantara lima prioritas itu adalah peningkatan pembangunan kebudayaan dibidang agama, budaya adat seni dan tradisi yang merupakan kebijakan yang berkaitan dengan FKUB itu sendiri.

Sementara itu, Wakil Bupati Demak Joko Susanto mengatakan, dipilihnya Badung sebagai objek kunjungan, karena kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Badung sangat baik dan kondisi kemanan Badung juga sangat kondusif. 

"Untuk itu tidak salah kiranya kami FKUB Demak ingin menimba ilmu dan saling menukar pengalaman sehingga mampu meningkatkan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Demak" harapnya. Selain itu, para peserta juga ingin mengetahui program atau kegiatan dari FKUB Badung dan Pemkab Badung dalam upaya meningkatkan kerukunan umat beragama. (LBC)

 

Komentar