Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

UDG Badung Sabet Juara Umum Tingkat Provinsi Bali

Foto : Ist/Hms

BADUNG - Kerja keras duta Utsawa Dharma Gita (UDG) Kabupaten Badung mengikuti lomba UDG tingkat Provinsi Bali berbuah manis. Pada perhelatan tahun ini, duta Badung berhasil keluar sebagai juara umum dengan raihan 11 emas, 14 perak, dan 2 perunggu. Prestasi membanggakan ini sangat diapresiasi oleh Pemkab Badung, sebab meningkat dari raihan tahun sebelumnya yang berada di posisi juara II.

“Dengan kekuatan penuh 73 orang, pada Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi ke XXVIII Tahun 2018 kali ini Duta Kabupaten Badung meraih medali dengan perolehan 11 emas, 14 perak dan 2 perunggu. Tentunya dengan peralihan medali itu Badung keluar sebagai juara umum,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Badung IB Anom Bhasma, Senin (30/7) kemarin.

Berikut perolehan media yang berhasil diraih Badung pada Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi ke XXVIII Tahun 2018. Diantaranya 11 medali emas, yakni pada Juara I Macepat Anak-anak Pasangan Putri; Juara I Macepat Anak-anak Pasangan Putra; Juara I Menghafal Sloka Kategori Dewasa; Juara I Membaca Sloka Anak-anak Pasangan Putra; Juara I Dharma Wacana Bhs. Inggris Remaja Putri; Juara I Dharma Wacana Bahasa Inggris Remaja Putra; Juara I Dharma Wacana Bahasa Inggris Dewasa Putra; Juara I Kakawin Remaja Pasangan Putra; Juara I Kakawin Dewasa Pasangan Putri; Juara I Palawakya Remaja Pasangan Putri; Juara I Palawakya Dewasa Pasangan Putri.

Kemudian perolehan medali perak, diantaranya diraih dari Macepat Remaja Pasangan Putri, Menghafal Sloka Anak-anak, Menghafal Sloka Remaja, Membaca Sloka Anak-anak Pasangan Putri, Membaca Sloka Remaja Pasangan Putri, Membaca Sloka Remaja Pasangan Putra, Dharma Wacana Bhs. Bali Remaja Putri, Dharma Wacana Bahasa Bali Remaja Putra, Dharma Wacana Bahasa Inggris Dewasa Putri, Kakawin Dewasa Pasangan Putra, Palawakya Remaja Pasangan Putra, Dharma Wacana Bahasa Bali Dewasa Putri, Dharma Wacana Bahasa Bali Dewasa Putra, Dharma Widya Tingkat SMA, Perolehan Medali Perunggu. Sedangkan untuk medali perunggu diperoleh dari Macepat Remaja Pasangan Putra dan Kidung Anak-anak Campuran Putra dan Putri.

Anom Bhasma menyebut, prestasi tahun ini meningkat dibandingkan pada tahun 2017. “Tahun lalu kita juara II, namun sekarang kami dapat juara umum. Ini patut mendapat apresiasi,” kata pejabat asal Desa Taman, Kecamatan Abiansemal itu.

“Tentunya segala hasil yang telah diperoleh tidak lepas dari kerja keras Tim Widya Sabha Kabupaten Badung sebagai lembaga yang bertugas membina dalam melestarikan serta mengembangkan Sastra Daerah dan Sastra Agama Hindu yang bernaung di bawah Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung. Pembinaan secara intensif pun dilaksanakan demi mencapai hasil yang diinginkan. Sehingga seluruh kerja keras yang dilakukan telah membuahkan hasil yang sangat manis,” tegasnya.

Mengenai apakah seluruh peserta peraih medali akan mendapatkan bonus dari Pemkab Badung, Anom Bhasma menyatakan masih menunggu petunjuk pimpinan. “Kita akan laporkan dulu hasilnya ke Bapak Bupati,” tukasnya. (LBC)

Komentar