Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kodim Karangasem Gelar Lomba Catur SMA

foto : Oke

KARANGASEM - Kejadian gempa yang menimbulkan sejumlah kerusakan infrastruktur tak menyurutkan semangat masyarakat Karangasem menyambut datangnya HUT Kemerdekaan RI. Kegiatan Agustusan tetap gempita, berbagai simbul-simbul kebangsaan  sudah terpasang megah di depan rumah, instansi pemerintah dan tempat umum. Berbagai kegiatan perlombaan dan pertandingan juga sudah banyak dilaksanakan.

Begitu pula Kodim 1623 /Karangasem, korp baju loreng Bumi Tanah Aron tidak mau ketinggalan menyemarakkan rangkian penyambutan datangnya hari bersejarah tersebut. Salah satunya dengan menggelar lomba catur tingkat SMA yang dipusatkan di Aula Makodim Karangasem, Sabtu (11/8) kemarin.

Lomba yang diikuti puluhan siswa dari 12 sekolah di Kota Amlapura dibuka Dandim,  Letkol Inf.  Benny  Rahadian. Lomba menghadirkan juri dari Percasi Karangasem yang dikoordinir Hadi Subhan MN. Lomba menggunakan sistem Swiss yang mengahruskan etiap peserta menjalani tujuh babak. Seluruhnya mendapat kesempatan bermain sampai akhir karena tidak ada istem gugur. Masing-masing peserta mendapatkan waktu berfikir 20 menit setiap babak. Melalui sistem pengumpulan poin, kedudukan dalam klasmen terus diperbarui, yang dicari adalah empat pemain terbaik dengan poin terbanyak.

Setelah memalui pertandingan yang panjang, I Nyoman Cerdas Jasatu (17) dari SMAN 2 Amlapura akhirnya keluar sebagai juara pertama. Juara kedua menjadi milik Alwi (17) dari MAN Karangasem, juara ketiga Muhamad (17) juga dari MAN Karangasem dan posisi keempat diraih I Kadek Hendra Aryanata (17) dari SMA Parisadha Amlapura. Rangkaian lomba berakhir pukul 14.00 diakhiri penyerahan piala, penghargaan dan uang pembinaan.

Dandim Benny Rahardian mengatakan lomba catur tersebut juga merupakan salah satu metode jajaran Kodim Karangasem dalam melaksanakan program komunikasi sosial (komsos). Tujuannya, selain memeriahkan HUT RI ke-73 juga untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat sehingga tumbuh sinergi dalam menangkal berbagai isu dan kondisi yang dapat mengancam keselatan bangsa dan negara. ‘’Kita juga ingin memasyarakatkan olahraga catur di kalangan generasi muda,’’ ujarnya. (Oke)

Komentar