Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ratusan Atlet Siap Berlaga dalam Kejuaraan Panahan di Tabanan

Foto : Ist/Hms

TABANAN -  Sebanyak 177 atlet panahan yang berasal dari 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Bali siap mengikuti perhelatan Kejuaraan Provinsi (Kerjurprov), yang diselenggarakan di Kabupaten Tabanan.  Kota Pelangi menjadi tuan rumah Kejurprov Panahan 2018, yang sekaligus menjadi test even Tabanan dalam menyongsong Porprov 2019.

Pembukaan Kejurprov Panahan ini resmi dibuka Rabu (3/10) di Lapangan Umum Kediri, Tabanan. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gede Susila, Ketua Umum Koni Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan, Ketua Koni Bali Ketut Suwandi, dan Ketua Perpani Bali I Gusti Made Wisnu Mataram. 

Ketua Panitia Kejurprov Tabanan  I Putu Suyasa melaporkan penyelenggaraan Kejurprov Panahan diikuti oleh 177 Atlet yang berasal dari Kabupaten Tabanan, Badung, Gianyar, Buleleng, Karangasem, Jembrana dan Kota Denpasar.  Sementara kategori yang dipertandingkan ada 4 divisi. 

“Jumlah atlet terdiri dari 132 atlet Panahan Modern dan 45 panahan tradisi. Kategori yang dipertandingkan antara lain; Divisi Compound, Divisi Standard Bow, Divisi Recurve, dan Divisi Tradisional. Khusus untuk divisi tradisional dipertandingkan ekspedisi dan sudah berlangsung tanggal 2 kemarin.” jelasnya. 

Dijelaskannya, dalam event yang berlangsung dari 2 Oktober hingga 6 Oktober ini, para pemenang akan memperebutkan 21 medali. “21 Medali dari panahan umum dan 4 Medali dari panahan tradisi.” imbuhnya. 

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh I Gede Susila  mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Dikatakannya Pemerintah Kabupaten Tabanan senantiasa menaruh perhatian terhadap pertumbuhan serta peranan klub-klub olah raga yang ada di wilayah Tabanan. 

“Upaya mewujudkan generasi muda yang sehat, kuat dan mandiri perlu dilakukan antara lain dengan menghidupkan kembali gairah olahraga di kalangan masyarakat, pelajar, dan remaja yang salah satunya melalui olahraga panahan.” ungkapnya. 

Dikatakannya, penyelenggaraan kejuaraan provinsi panahan ini hendaknya dibarengi pula dengan semangat kebersamaan para atlet. Pihaknya juga berharap kejuaraan ini mampu mendukung program pemerintah dalam memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat. 

“Khususnya untuk mendorong minat terhadap olahraga panahan guna mendorong lahirnya bibit-bibit atlet yang berkualitas, sehingga akan lahir atlet-atlet yang dapat mengharumkan nama daerah di tingkat nasional maupun internasional,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua KONI Bali Ketut Suwandi berharap semua peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh dan fokus, sehingga bisa meraih prestasi tertinggi. Semoga dengan moment ini akan lahir atlet-atlet yang bisa mewakili Bali.

“Berikan dedikasi yang penuh untuk event ini, kalian harus yakin bahwa kalian bisa. Semoga kompetisi ini dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi. Semoga harapan dan motivasi ini semua bisa tumbuh dari sekarang.” ungkapnya. (Hms/Cia)

Komentar