Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemuda Bersih Bersih Alur Rafting

foto : Oke

KARANGASEM - Aksi seka teruna atau para pemuda belakangan ini makin peduli dengan keberadaan Pariwisata. Hal ini dilakukan pemuda asal banjar Dinas Pakel, Desa Sangkan Gunung, Sidemen. Mereka melakukan aksi bersih bersih di dekat Bendungan Bajing. Mereka juga melakukan bersih bersih di lokasi sekitar sekaligus memperkenalkan potensi Wisata Desa tersebut.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka hari Sumpah Pemuda dan juga ulang tahun STT Wana Giri Banjar Pakel. Kegiatan ini juga bergendengan dengan Pokdarwis Amerta Giri Desa Paraman Sangkan Gunung.

Ketua Pokdarsis Amerta Giri Kadek Sujanayasa aksi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pariwisata. Selaian itu juga untuk pelestarian lingkungan.

Terlebih lagi Desa ini kerap dilintasi wisatawan yang melakukan rafting. Di sepanjang Tukad Telagawaja. Selaian itu kegiatan ini juga untuk mempromosikan potensi air terjun di Dam tersebut. Sujanayasa sendiri berharap dengan kegiatan ini kalangan muda makin peduli akan kondisi lingkungan dan juga potensi pariwisata di desanya.

Gerakan Satpa Pesona selain krama (warga) desa Pakraman Sangkan Gunung dan sekaa Truna-truni, kata Sujanayasa, pihaknya juga bekerjasama dengan masyarakat lainya, seperti Dinas Pariwisata Karangasem. Sejumlah mahasiswa Politehnik Negeri Bali,para guru dan siswa SMP 1, Atap Sangkan Gunung, para guru dan siswa SD 5  Sangkan Gunung, unsur kecamatan Sidemen, perangkat Desa Perbekel Sangkan Gunung, dan juga Trash Hero Candi Dasa. "Total yang ikut gerakan ini hampir 700 orang lebih," ujarnya lagi.

Gerakan Sapta Pesona kata Sujanayasa, selain menggelar berbagai lomba di sungai, pihaknya juga melakukan aksi bersih sampah di Sungai.  Sementara, sampah yang dikumpulkan langsung di bawa oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk dibuang ke TPA. Sujanayasa berharap, gerakan ini nantinya akan meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan khususnya di alur sungai. "Selama ini kan alur sungai sudah menjadi lokasi wisata Arum Jeram, kita ingin menjaganya," pungkasnya. (Oke)

Komentar