Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tabanan Luncurkan ‘One Day Service’ Urus Akta Kelahiran Anak

Penyerahan Akta Kelahiran oleh Pihak Disdukcapil di RS. Kasih Ibu, Tabanan, Rabu, (23/1). Foto : Ist/Hms

TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan terus berbenah dalam pelayanan. Guna memenuhi  kebutuhan masyarakat, layanan ‘One Day Service’ diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Cataan Sipil (Disdukcapil) Tabanan. Program ini diharapkan semakin memberikan layanan optimal saat permintaan dokumen kependudukan masyarakat.

Terobosan layangan singkat ini baru diluncurkan waktu ini dan sudah ditindaklanjuti beberapa  rumah sakit di Tabanan. Jadi hanya cukup satu hari, permintaan akan akta kelahiran anak sudah sudah rampung bahkan bisa dibawa pulang  keluarga.  

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan, I Gusti Agung Rai Dwipayana, memaparkan, bentuk kerjasama layanan ‘One day Service’ di beberapa rumah sakit dinilai merupakan program yang sangat efektif dan efisien.  

Proses penerbitan akta kelahiran anak cukup hanya satu hari selesai dengan catatan orang-tua bersangkutan mempunyai Akta Perkawinan Sah dan anaknya sudah memiliki Nama.

“Jadi usai kelahiran anak langsung diproses dan dipastikan langsung akta jadi, dan masyarakat tidak perlu lagi berurusan ke Disdukcapil,” tutur Rai Dwipayana di ruang kerjanya, Rabu kemarin.

Rai memaparkan bahwa program One Day service ini sudah ditindaklanjuti  beberapa rumah sakit lewat Perjajian Kerjasama (PKS) dan Memori of Understanding (MoU) seperti dengan pihak rumak sakit (RS) Kasih Ibu dan Klinik Cahya Bunda Tabanan berikut RSUD Tabanan. Prihal informasi bukti kerjasama itu bisa langsung dicek kebenarannya di Kantor Disdukcapil Tabanan.

Pihaknya berharap ke depan kerja sama ini dapat menjadi pilot project dan jika berkembang baik, program ini akan terus dikembangkan untuk mencapai target lebih baik lagi. Sebelumnya,  tahun 2018 kemarin, sebanyak 85% terkait Pecetakan Akta Kelahiran di Tabanan sudah melebihi target Nasional.

“Target ke depan bisa mecapai 95 persen, karena hal ini  sangat menunjang proses pencetakan KK, KTP, dan lainnya,” jelasnya.

Selain akan memberikan kemudahan dan pengurusan akta kelahiran anak, program One Day Service ini juga akan memberikan berbagai keuntungan lainnya termasuk kemudahan dalam mendapatkan dokumen lainnya seperti data Kartu Keluarga (KK)  bagi warga yang diperbaharui secara otomatis.  

Rai menambahkan Disdukcapil Tabanan juga sudah menerapkan beberapa inovasi, dalam rangka penerbitan dokumen kependudukan dan mendukung GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk), antara lain Pandawa, Paket Serasi 1, 2, 3, 4, hingga Paket Serasi 5.

“Hal ini demi terwujudnya data base kependudukan yang akurat dan akuntabel, serta dalam proses One Day Service ini tidak dipungut biaya (Gratis),” tegasnya. 

Bukan hanya itu, dalam  pelayanan administrasi kependukan, pihaknya juga menerapkan pelayanan berbasis Whats Up (WA) dan hal itu sangat berguna bagi masyarakat yang berdomisili di tempat jauh Kecamatan Pupuan dan Baturiti.

Inovasi lain yakni layanan Dukcapil Pelayanan Online dan Terintegrasi (D’Paon) Serasi, yang merupakan pelayanan online dan terintegrasi yang berbasis IT. Dengan aplikasi ini pelayanan akan menjadi lebih cepat dan efisien. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi tersebut dan dapat menggunakanannya dimana saja.

“Jadi bagi masyarakat yang mempunyai Hp android bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut untuk mengurus dokumen kependudukan. Cukup dari rumah dapat melakukan registrasi diri, kemudian ketik NIK dan login, maka akan keluar paket-paket yang sudah tersedia di system," demikian Rai. (*/Cia)

Komentar