Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

SHU KPN Abdi Praja Tabanan Capai Rp 804 Juta

Foto : Ist/Hms

TABANAN  - Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Abdi Praja Tabanan memperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 804 juta lebih  selama kurun waktu 2018. Tidak hanya itu, laporan pertanggungjawaban yang diaudit oleh akuntan publik juga meraih opini Wajar.  

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) KPN Abdi Praja, yang diselenggarakan Kamis (31/1), di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan. Hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Tabanan yang juga ketua Dekopinda Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa, Ketua KPN Abdi Praja Drs. I Made Yasa, para pengurus dan anggota KPN Abdi Praja.  

I Made Yasa menyebutkan, selain SHU mencai Rp 804 juta, jumlah anggota koperasi juga mengalami peningkatan atau naik sekitar 30 persen dibanding tahun lalu yang berjumlah Rp 756 Juta lebih.

Meski jumlah keanggotaan KPN Abdi Praja mengalami penurunan sebanyak 105 dari total 2375 anggota karena pensiun dan pindah tugas, namun  namun SHU mengalami peningkatan sesuai  

“Simpanan pokok di tahun ini sejumlah Rp 23 juta, atau mengalami peningkatan 3,79 persen dibanding tahun sebelumnya. Simpanan wajib juga  mengalami kenaikan 31,68 persen dengan total Rp 8.9 juta. Simpanan sukarela dan Sijakop yang masing-masing mengalami kenaikan 15,62 persen dan Sijakop mencapai 11,52 persen,” jelas Made Yasa.

 Selain jumlah SHU yang memuaskan, Yasa juga menyampaikan jika KPN Abdi Praja telah mendapatkan opini Wajar dari akuntan publik atas  laporan pertanggung-jawaban keuangan mereka. Sebab laporan pertanggungjawaban ini terlebih dahulu sudah diaudit oleh akuntan publik Prof Dr I Wayan Ramantha MM, AkCPA dengan opini WAJAR.

“ini berarti laporan keuangan telah menyajikan secara wajar dalam semua hal mulai dari material, posisi keuangan KPN ABdi Praja tanggal 31 Desember 2018, dan hasil usaha, serta laporan arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Eutitas Tanpa Akuntabilitas Publik,” urainya.

 Dilain pihak, Wirna Ariwangsa memberikan apresiasi kepada manajemen KPN Abdi Praja, khususnya para pengurus, pengawas dan para anggota KPN Abdi Praja yang telah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan posisi masing-masing. Terbukti tahun ini KPN Abdi Praja mampu menghasilkan keuntungan yang luar biasa mencapai angka setengah milyar lebih dan sudah menunjukkan prinsip-prinsi manajemen telah dilaksanakan dengan baik.

 Pihaknya juga mengapresiasi opini wajar yang didapatkan KPN Abdi Praja. Wajar sesuai dengan prinsip akutansi yang benar, artinya semua proses transaksi yang dijalankan dengan benar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Jadi jangan ragu untuk terus meningkatkan kinerja ke depan,” harapnya.

 

Dalam kesempaan itu, Wirna Ariwangsa sekaligus berpesan agar pencapaian ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan untuk masa-masa mendatang.

“Pertahankan dan tingkatkan pencapaian ini, jadilah koperasi terbaik dan contoh bagi koperasi lainnya, diharapkan bagi yang belum bergabung menjadi anggota agar segera bergabung,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan sesi diskusi/tanya-jawab antara para pengurus dengan anggota koperasi KPN Abdi Praja. Acara diakhiri dengan pengundian dan pengumuman pemenang hadiah hiburan dan hadiah utama. (*/Cia)

 

Komentar