Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Sumatri Sambangi Keluarga Korban Tanah Longsor

Bupati Karangasem, Mas Sumatri saat berkunjung ke kediaman korban longsor di Dusun Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem. Rabu (13/2). Foto : Ist

KARANGASEM - Peristiwa musibah tanah longsor yang menewaskan dua korban warga tewas masih menyisakan keprihatian bagi semua pihak. Tak terkecuali, Bupati Mas Sumatri menyempatkan diri berkunjung dan memberikan bantuan secara pribadi kepada keluarga korban di Dusun Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Begitu tiba di lokasi, Rabu (13/2), orang nomor satu di Gumi Lahar tersebut langsung menyatakan keprihatinannya dan turut berbela sungkawa atas musibah longsor  yang terjadi 27 anuari 2019 lalu. Dua orang korban warga setempat meninggal saat itu yakni  Ni Ketut Puspa Wati (28) dan Ni Komang Mertini (19).

Satu dari korban tewas yakni Ni Ketut Puspa diketahui meninggalkan anak yang masih kecil dan sekaligus mengundang keprihatian Bupati Mas Sumatri. Dia pun berharap, anak yang ditinggalkan bisa tumbuh dewasa meski harus kehilangan orang tuanya.

"Saya turut berbela sungkawa dan prihatin atas musibah longsor dan menyebapkan meninggalnya  dua korban, semoga kelak anak yg ditinggalkan bisa mengangkat martabat orang tuanya," ujar Bupati Mas.

Ditengah kunjungannya, Bupati Mas Sumatri  juga meminta kepada Camat Kubu untuk lebih extra menata Infrastruktur jalan di wilayah Kubu dan penataan tanah miring yg bisa mengakibatkan longsor.  

Beberapa kawasan di Kabupaten Karangasem merupakan kawasan rawan bencana alam, untuk itu, Mas Sumatri sekaligus menghimbau warga masyarakat Kubu agar lebih waspada dan tetap menjaga kerukunan.

 "Mengingat Kubu memiliki potensi bencana yang besar maka dari itu saya menghimbau masyarakat agar lebih waspada, dan mari kita saling rukun dan saling membantu satu sama lain," pinta Bupati Mas didampingi Ketua Paguyuban Karangasem Jabodetabek (PAKAR), Jendral Nyoman Warka.

Dari  kediaman keluarga korban longsor, Bupati Mas Sumatri juga menekankan kepada masyarakat akan pentingnya memiliki Kartu Karangasem Sehat, BPJS, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Karangasem Cerdas.

Bersamaan di tengah kunjungan, Ketua PAKAR, Jendral Nyoman Pakar  juga memberikan bantuan yang dikumpulkan oleh Paguyuban Karangasem Jabodetabek (PAKAR) dan diharapkan lebih meringankan beban keluarga korban

"Semoga Bantuan yang kami kumpulkan bisa membantu meringankan beban keluarga korban bencana, dan saya juga ikut prihatin atas bencana yang menimpa,"ujarnya.

Selain ketua PaKAR, dalam kunjungan Bupati Mas juga nampak hadir Staf Ahli Ekonomi, Kadis sosial, Kalak BPBD Karangasem, Babinsa Kubu, Babinkantibmas Kubu, Kabid PU,Camat Kubu, Kepala Dusun Ban, Perbekel Kubu dan Tokoh masyarakat Kubu menyambangi kediaman korban.

Saat peristiawa longsor  Januari 2019 lalu, korban Ni Ketut Puspa Wati (28) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sementara satu korban lainnya yakni Ni Komang Mertini (19) ditemukan dalam kondisi masih sadar. Korban Mertini sempat dilarikan ke Puskesmas Kubu 1 (satu) usai dievakuasi, namun sayang  korban Mertini akhirnya meninggal meski telah mendapatkan penanganan serius tim medis. (*/Cia)

Komentar